BERITA UTAMAMIMIKA

Pasien COVID-19 yang Dirawat di RSUD Mimika Tinggal Satu Orang

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

Pasien COVID-19 yang Dirawat di RSUD Mimika Tinggal Satu Orang

Share this article
Direktur RSUD Mimika Dr Antonius Pasulu
Direktur RSUD Mimika Dr Antonius Pasulu

Timika, fajarpapua.com – Pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mimika di Provinsi Papua tinggal satu orang pada Selasa.

“Di Mimika saat ini belum ada indikasi peningkatan kasus COVID-19. Pasien yang kami rawat saat ini hanya satu orang,” kata Direktur RSUD Mimika Antonius Pasulu kepada wartawan di Timika, Selasa.

ads

“Pasien tersebut dirawat sudah hari ke-20. Sebelumnya dia masuk dengan kondisi kritis, namun sekarang sudah semakin membaik,” kata Antonius.

RSUD Mimika sebagai rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di wilayah Kabupaten Mimika menyediakan 63 tempat tidur di ruang isolasi pasien COVID-19.

Antonius mengatakan bahwa dalam dua bulan terakhir hanya ada dua pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD Mimika dan satu di antaranya sudah dipulangkan pada akhir November 2021.

“Satu pasien yang sudah pulang ke rumah masih menjalani program isolasi mandiri di rumah dalam pengawasan RSUD Mimika. Yang bersangkutan masih satu kali lagi melakukan pemeriksaan PCR, kalau hasilnya negatif berarti sudah dinyatakan sembuh,” katanya.

Meski jumlah penderita infeksi virus corona yang membutuhkan perawatan sudah turun, ia mengatakan, RSUD Mimika tetap siaga menghadapi kemungkinan terjadi peningkatan kasus.

Menurut Antonius, RSUD Mimika sudah menyiapkan 1.100 tabung oksigen medis untuk mendukung penanganan pasien COVID-19.

Dia juga mengingatkan warga agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) meski penularan COVID-19 sudah mereda.

“Prokes harus tetap ditegakkan. Semua warga harus konsisten memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan, tidak ada yang lain,” katanya.

Ia menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah kasus penularan COVID-19 meningkat lagi.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *