Saat Jumpa Pers, Panglima TNI Beberkan Tujuan Kedatangannya ke Timika

by -
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat jumpa pers di RPH.
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat jumpa pers di RPH.

Timika, fajarpapua.com – Kunjungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa ke Timika pada Rabu (22/12) selain bertemu pimpinan satuan TNI yang ada di Timika, juga mau menegaskan kembali bahwa Satuan Tugas (Satgas) TNI juga mengemban tugas teritorial seperti Kodim dan Koramil. Begitu juga TNI AL melaksanakan tugas Lanal dan Pos Lanal, serta TNI AU melaksanakan tugas Lanud.

Hal dikemukakan Jenderal Andika kepada wartawan dalam jumpa pers di pelataran Hotel Rimba Papua, Rabu (22/12).

Kata dia, berbagai Satgas TNI yang ditugaskan di wilayah Mimika difokuskan melaksanakan tugas teritorial sama seperti Kodim, Lanal dan Lanud.

Kata mantan KSAD ini, TNI melaksanakan tugas Satgas sampai ke luar negeri dan mereka berhasil menyakinkan tokoh-tokoh garis keras dan mau berdamai.

“Kenapa di dalam negeri tidak memainkan peran itu, padahal kita bisa,” ujarnya.

Sejak memimpin lembaga TNI, ia berjanji pola pendekatan harus dirubah dimana Satgas tidak memiliki banyak tugas tapi hanya tugas teritorial sehingga sama seperti Kodim, Lanal, Lanud, Koramil, dan Pos Lanal.

Selain itu ada tugas-tugas yang sama dilakukan diluar Papua, ada tugas satuan teritorial, satuan pendidikan dan satuan tempur.

Dalam pertemuan dengan pimpinan TNI yang ada di Timika, sebagai pejabat yang baru Jenderal Andika mengaku mesti tahu kekurangan-kekurangan selama ini yang harus diperbaiki.

Juga pada pertemuan dengan Manajemen PT FI dimana dirinya meminta masukan, saran terkait tugas-tugas pengamanan.

“Masukan dan saran harus diperbaiki dan perlu pendekatan-pendekatan baru yang lebih efektif dalam tugas teritorial ini,” paparnya. (mar)

A valid URL was not provided.