Eksavator Proyek Perluasan Jalan Cenderawasih Diduga Putuskan Jaringan Kabel Optik di Karang Senang SP 3

by -
Eksavator sedang mengerjakan proyek pelebaran Jalan Cenderawasih. Foto Selasa (4/1/2022) pagi.
Eksavator sedang mengerjakan proyek pelebaran Jalan Cenderawasih. Foto Selasa (4/1/2022) pagi.

Timika, fajarpapua.com- Jaringan internet di sebagian wilayah Timika khususnya di Kelurahan Karang Senang, Distrik Kuala Kencana, sejak beberapa Minggu terakhir terganggu.

Kondisi ini diduga karena jaringan kabel optik yang membentang di Jalan Cenderawasih terutama antara Pasar Tradisional SP 3 hingga Komplek Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika terputus.

Putusnya jaringan kabel optik milik PT Telkom ini terjadi karena dilibas oleh alat berat (eksavator) yang digunakan di proyek pelebaran Jalan Cenderawasih.

Dari informasi yang diterima fajarpapua.com dari teknisi PT Telkom Timika, kabel optik milik PT Telkom yang berada di Kelurahan Karang Senang memang sering terputus oleh eksavator yang digunakan dalam proyek tersebut.

Akibatnya, pengguna internet di wilayah Kelurahan Karang Senang, Perumahan Pondok Indah Amor dan sekitarnya termasuk di Kompleks TSM tidak bisa mengakses jaringan internet.

Informasi tersebut juga menyebutkan, pihak kontraktor pelebaran Jalan Cenderawasih selama ini tidak pernah melapor ke PT Telkom terkait dengan rencana penggalian.

Bahkan setelah kabel optik putus karena eksavator, pihak kontraktor juga terkesan acuh dan langsung meninggalkan lokasi begitu saja tanpa melaporkan ke pihak PT Telkom Timika

Menurut Faris, salahsatu pelanggan Indihome di Pondok Indah Amor, jaringan internet di kediamannya sering terganggu dalam beberapa pekan terakhir.

Faris mengaku dirinya sudah menyampaikan keluhan terkait gangguan jaringan internet tersebut kepada teknisi PT Telkom yang bertugas di area tersebut.

Namun dari pengakuan teknisi tersebut, mereka sangat kewalahan dengan banyaknya aduan terkait gangguan jaringan internet.

“Saya sudah bertemu dengan teknisi yang melakukan perbaikan dan pemeliharaan di area SP 3, mereka pusing dengan banyaknya aduan dari pelanggan karena kabel optik putus akibat pelebaran jalan,” ujar Faris kepada fajarpapua.com, Selasa (4/1).

Dirinya berharap, kondisi ini dapat segera teratasi apalagi setelah sempat diperbaiki pada Senin malam, kabel optik kembali terputus pada Selasa pagi ini. (mas)

A valid URL was not provided.