Warning !!! Modus Jual Sofa Murah di Forum Jual Beli, Akun Facebook Jumiyanti Tipu Sejumlah Warga Timika

by -
Akun Jumiyanti yang lakukan penipuan jual beli sofa
Akun Jumiyanti yang lakukan penipuan jual beli sofa

Timika, fajarpapua.com – Akun Facebook Jumiyanti diduga berhasil menipu sejumlah warga Timika dengan kerugian mencapai jutaan rupiah.

Pelaku yang diduga memasang foto profil palsu di akunnya menggunakan modus jual beli sofa jaguar murah di salahsatu forum jual beli untuk menipu para korbannya

Aksi penipuan dengan modus jual beli di media sosial ini pertamakali diunggah oleh akun Facebook Murni yang menjadi salahsatu korban penipuan.

Dalam unggahannya, Murni mengingatkan kepada seluruh masyarakat Timika agar berhati-hati dan tidak menjadi korban aksi penipuan yang dilakukan oleh akun Jumiyanti seperti dirinya.

“Sekedar informasi buat teman dan saudara yg d grup,saya berbagi pengalaman yg telah kualami jngn sampai teman dan saudara mengalami penipuan barang seken yg murah,” tulisnya diawal unggahan.

Murni juga menceritakan kronologi awal dirinya hingga menjadi korban penipuan yang membuatnya mengalami kerugian materi.

Yang membuat dirinya tertarik tulisnya, selain menjual sofa mewah dengan harga murah, pelaku juga menyertakan alamat rumah di lingkungan perumahan yang ada di Timika atau tepatnya di Kelurahan Wonosari Jaya, Distrik Wania.

“Singkat cerita ada yg posting sopa jaguar dan sepiringbed seken dan murah… alamat nya dia bilang d BTN komoro BLK ab no 19…dan sy tertarik,” jelasnya

Karena tertarik dengan tawaran tersebut, Murni tanpa pikir panjang langsung mentransfer uang muka atau DP karena pelaku menegaskan siapa yang cepat dia yang dapat.

“Lalu sipelaku bilang siapa yg cepat dia yg dpt karena bnyk yg minat,lalu sy transfer DP 500 rb.. kebetulan sipelaku ngirim no rekening nya,” ujarnya

Usai melakukan transfer, Murni langsung menuju alamat yang diberikan oleh pelaku dan untuk meyakinkan pelaku juga memotret rumah yang diakui sebagai tempat tinggalnya.

Dan betapa kagetnya Murni, karena ternyata alamat yang diberikan oleh pelaku adalah palsu dan ternyata di blok tersebut tidak ada rumah dengan nomor 19 dan pelaku juga memblokir nomor kontaknya.

“Dan sy langsung ke lokasi yg dia berikan alamat oleh sipelaku dan sipelaku kirim foto rumah nya…lalu sy kesana .ternyata alamat palsu no 19 TDK ada dan sy hungi orang tersebut langsung blokir sy,” urainya.

Diakhir unggahannya, Murni mengungkapkan bahwa selain dirinya ternyata akun Jumiyanti juga berhasil menipu sejumlah warga Timika.

“Ternyata sipelaku SDH banyak makan korban, waktu sy d lokasi sy ketemu bnyk korban yg SDH byr ke rekening si pelaku…dan ini postingan sipelaku dan bukti transfer sy..dia pake 2 akun untuk menipu korban..dan kedua akun yg menipu sy telah memblokir sy,” ujarnya.

Unggahan akun Murni tersebut mendapat tanggapan dari pengguna para pengguna Facebook yang intinya berharap semua pihak berhati-hati saat bertransaksi di media sosial agar tidak menjadi korban penipuan.

Hal ini seperti diungkapkan oleh akun Hermatia yang berharap warga bijak dalam bertransaksi terutama jika barang ditawarkan dengan harga murah.

“Hati2 sekarang karna sudah banyak penipu yang masuk di forum jual beli timika menjual barang murah,setelah di kita komen bilang lanjut wa,setelah di cek status luar timika,” jelasnya.

Pengguna akun Amoye Etawaipa meminta para korban melaporkan ke bank yang digunakan untuk mengetahui keberadaan pelaku dan melaporkan ke polisi.

“Pergi bawah dengan bukti transfernya ke bank baru minta alamatnya org banyak sudah tau ..setelah sudah dpt pergi lapor ke polisi biar org segera tangkap,” tulisnya.

Hingga berita ini diturunkan, unggahan terkait penipuan ini telah dibagikan dan mendapat tanggapan dari ratusan pengguna Facebook di Timika. (mas)

A valid URL was not provided.