BERITA UTAMAMIMIKAPAPUA

Berharap Tahun Baru Imlek Bawa Kemakmuran, Dirayakan Sederhana, Warga Hanya Datang Berdoa ke Vihara

cropped cnthijau.png
6
×

Berharap Tahun Baru Imlek Bawa Kemakmuran, Dirayakan Sederhana, Warga Hanya Datang Berdoa ke Vihara

Share this article
Selamat Hari Raya Imlek 2573
Selamat Hari Raya Imlek 2573

Jayapura, fajarpapua.com – Perayaan hari besar keagamaan Tahun Baru Imlek 2573 bagi umat Konghucu dan Tionghoa di Jayapura, Provinsi Papua dilakukan secara sederhana. Hal itu untuk mencegah sebaran Covid-19 di daerah itu.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Menurut Ketua Vihara Arya Dharma Kota Jayapura, Romo Pandita Arya Dhammo Aan Djamian perayaan Imlek di Kota Jayapura tahun ini berbeda dengan dua tahun sebelumnya karena Covid-19.

“Di Kota Jayapura masih ada ditemukan Covid-19, memang sudah sempat tidak ditemukan ada kasus positif, tapi awal Januari ini mucul lagi 58 orang positif covid, sehingga perayaannya dilakukan sederhana,” kata Aan Djamian, Senin (31/1/2022).

Ia menjelaskan, warga yang datang ke Vihara nanti hanya bakar dupa dan berdoa dengan menerapkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes) tanpa mengurangi makna Imlek sebagai tahun harapan dan keberuntungan baru.

“Pencegahan penularan covid ini menjadi tanggung jawa bersama, walaupun kita merayakan imlek,” ujarnya.

Lanjut Aan Djamian, untuk atraksi barongsai akan tetap dilaksanakan, namun wakunya tidak lama agar tidak terjadi kerumunan warga di vihara. Atraksi barongsai tersebut kini dapat disaksikan penayangannya melalui sejumlah layanan berbagi video sehingga mencegah terjadinya kerumunan.

“Kita persiapan di Vihara tidak seperti tahun sebelumnya seperti pemasangan lampion hanya beberapa saja,” tutur dia.

Ia berharap pada tahun baru imlek tahun ini agar terus diberi kemakmuran, kesejahteraan, kesehatan dan terus berkontribusi untuk pemerintah daerah setempat.

“Saya yakin perayaan Imlek tahun ini akan tetap meriah, tetap bergembira, tetap memberikan banyak harapan dan keuntungan baru bagi seluruh bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Konghucu dan Tionghoa,” tandas Aan Djamian.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *