BERITA UTAMANASIONALPAPUA

Kontrak Konsumsi PON XX Papua Belum Dibayar, PT Imari Nouriture Indonesia Tulis Surat Terbuka untuk Jokowi

cropped cnthijau.png
67
×

Kontrak Konsumsi PON XX Papua Belum Dibayar, PT Imari Nouriture Indonesia Tulis Surat Terbuka untuk Jokowi

Share this article
PON XX PAPUA
PON XX PAPUA

Timika, fajarpapua.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar di empat kota dan kabupaten pada 2 – 15 Oktober 2021 telah lebih dari tiga bulan berlalu.

ads

Namun demikian, ternyata carut-marut dan masalah yang terjadi pada iven empat tahunan olahraga nasional itu juga belum terselesaikan hingga kini.

Terbaru, masalah persoalan pembayaran kontrak konsumsi kepada pihak-pihak yang terlibat pada penyelenggaraan PON XX Papua ternyata belum juga dibayarkan oleh PB PON XX Papua.

Salah satunya adalah kontrak dengan perusahaan catering, PT Imari Nourriture Indonesia yang ditunjuk oleh PB PON XX untuk melayani pekerjaan dalam Bidang Konsumsi, khususnya VVIP, VIP, Paspampres, Atlet, Official, serta SDM saat perhelatan PON XX di wilayah Kota Jayapura.

Hal itu terungkap dari surat terbuka yang dikirim oleh Andhika Agung atas nama PT. Imari Nourriture Indonesia yang ditujukan kepada Presiden RI, Joko Widodo.

Selain itu surat tersebut juga diteruskan kepada Sri Mulyani Indrawati yang juga Menteri Keuangan, Kantor Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dan Management PT. IMARI NOURRITURE INDONESIA.

Dibawah ini kutipan lengkap surat terbuka PT. Imari Nourriture Indonesia yang diterima fajarpapua.com pada Kamis (3/1).

SURAT TERBUKA

Kepada Yth,
Presiden Republik Indonesia
Bapak Presiden Joko Widodo

di Tempat

Dengan hormat,
Semoga Bapak dalam keadaan sehat serta senantiasa selalu dalam lindungan Allah SWT.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat, sebelumnya perkenalkan Kami dari PT Imari Nourriture Indonesia yang bergerak dibidang Catering Services adalah salah satu Perusahaan Catering yang berhasil lolos seleksi dan ditunjuk oleh PB PON XX di Papua untuk melayani pekerjaan dalam Bidang Konsumsi khususnya VVIP, VIP, Paspampres, Atlet, Official, serta SDM saat perhelatan PON XX di wilayah kota Jayapura – Papua.

Kami pun mendapatkan kontrak kerja langsung dengan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) atas anggaran yang diperoleh dari APBN.

Yang mana didalam klausulnya tercantum adanya termin pembayaran sebesar 70% dibayarkan sebelum Opening dan sisanya sebesar 30% akan dibayarkan sebagai pelunasan saat acara PON XX berakhir.

Namun pada kenyataannya hingga saat ini, kami belum menerima pencairan pembayaran sama sekali, dari total nilai kontrak kami kurang lebih sebesar 193 Milyar.

Sebelumnya dikarenakan ada kekhawatiran pembayaran termin uang muka yang sebesar 70% tersebut tidak kunjung cair, maka untuk bisa meyakinkan terlaksananya pekerjaan pengadaan konsumsi tersebut pihak PB PON XX memberikan kebijakan dengan memberikan pinjaman dana talangan sebesar 20% yang diambil dari persediaan dana APBD Papua dan mekanisme nantinya akan dipotong langsung dari pembayaran, namun dikarenakan dana talangan tersebut sangat tidak mencukupi untuk membiayai pekerjaan sampai berakhirnya perhelatan PON XX, selanjutnya untuk dapat mensukseskan event PON XX kami terpaksa menggunakan dana pinjaman lain.

Untuk diketahui bahwa, atas dasar kontrak kerja yang diberikan oleh PB PON XX, selanjutnya surat kontrak tersebut oleh kami dijadikan jaminan untuk meyakinkan dan melibatkan banyak supplier-suplier untuk bisa mensupport pengadaan barang dan jasa yang berasal dari Pulau Jawa dan Lokal Papua. Dan juga termasuk mendatangkan begitu banyak SDM pendukung dari Pulau Jawa dan Lokal Intra Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *