BERITA UTAMANASIONALPAPUA

Demo Tolak DOB di Jayapura Ricuh, Mobil Rusak Dilempar Batu, Satu Anggota Polresta Dikeroyok

cropped cnthijau.png
7
×

Demo Tolak DOB di Jayapura Ricuh, Mobil Rusak Dilempar Batu, Satu Anggota Polresta Dikeroyok

Share this article
Polisi saat membubarkan pendemo di Depan Gapura Uncen
Polisi saat membubarkan pendemo di Depan Gapura Uncen

Jayapura, fajarpapua.com – Ratusan mahasiswa melakukan aksi demostrasi tolak pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Papua di Jayapura, Papua tepatnya di depan Gapura Universitas Cenderawasih dan jalan Perumnas 2 Waena, Selasa (8/2/2022).

Aksi demostrasi terkait penolakan Daerah Otonomi Baru ini pun diwarnai aksi anarkis. Pendemo juga menutup sebagian badan jalan dan melakukan pengerusakan mobil logistik Polresta Jayapura Kota.

ads

Namun, aksi mahasiswa tersebut dihalau oleh aparat kepolisian yang melakukan pengamanan.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas mengaku meskipun sempat ada aksi anarkis dari pendemo, namun situasi Kota Jayapura secara umum aman dan kondusif.

“Kami memang tidak ijinkan pendemo ini ada longmarch dan pengumpulan massa yang cukup besar menuju kantor DPR Papua, para pendemo ini di beberapa titik telah kami bubarkan, tetapi di Perumnas 2 Waena dan Gapura Uncen kita berikan waktu untuk orasi,” ujar Gustav Urbinas.

Kapolresta menyebutkan, untuk di Perumnas 2 Waena aspirasi para pendemo diterima oleh dua orang anggota DPR Papua, setelah itu mereka dibubarkan.

Ia berharap, massa pendemo yang dibubarkan ini benar-benar pulang ke rumah masing-masing sesuai himbauan polisi. Selain itu polisi tidak memberi ruang terlalu bersar bagi pendemo menjadi satu lalu long march karena akan bisa menimbulkan kerawanan, dan juga dimasa Pandemi Covid-19 tidak boleh menimbulkan kerumunan.

“Saya sebagai Kapolresta hari ini cukup kecewa, karena apa yang saya prediksi kerawanan, ada karakter yang anarkis dan provokatif ini terjadi pada saat pembubaran demo di Perumnas 2 Waena, massa yang pulang melakukan pengrusakan dan pengeroyokan pada anggota kami,” ucap Gustav.

Anggota Polresta yang dikoroyok yakni Bintara Bagian Operasional yang pada saat itu berada dalam mobil mengalami luka-luka dan dilarikan ke RS. Dian Harapan.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas mengatakan, kendaraan tersebut dirusak massa setelah mereka membubarkan diri dari Perumnas 2 Waena.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *