BERITA UTAMAPAPUA

10 Calon Sekjen AMAN Mengemuka Jelang Kongres Masyarakat Adat Nusantara di Jayapura

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

10 Calon Sekjen AMAN Mengemuka Jelang Kongres Masyarakat Adat Nusantara di Jayapura

Share this article
IMG 20221008 WA0047
Ketua DAMANNAS Abdon Nababan

Jayapura, fajarpapua.com- Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Nasional (DAMANNAS) telah menetapkan 10 nama kader terbaik sebagai calon Sekretaris Jenderal AMAN periode Tahun 2022-2027.

Kesepuluh nama calon Sekjen itu nantinya akan diajukan untuk dipilih dan disepakati di Kongres Masyarakat Adat Nusantara Keenam (KMAN VI) yang akan digelar di wilayah adat Tabi, Jayapura pada 24-30 Oktober 2022 mendatang.

ads

Kesepuluh calon Sekjen AMAN tersebut adalah Rukka Sombolinggi, Mina Setra, Erasmus Cahyadi, Arifin Saleh, Sardi Razak, Riky Aprizal, Eustobio Rero Renggi, Rukmini Toheke, Abdi Akbar dan Deff Tri.

Ketua DAMANNAS Abdon Nababan mengatakan kesepuluh nama calon Sekjen ini ditetapkan yang sesuai dengan kriteria.

Menurutnya, penetapan sepuluh nama calon Sekjen AMAN ini telah sesuai mekanisme.

Ia memastikan kesepuluh nama calon Sekjen AMAN yang akan dipilih dalam KMAN VI merupakan aspirasi dan usulan dari para pengurus dan anggota.

Kapabilitas dan kapasitas kesepuluh calon Sekjen itu telah memenuhi persyaratan yang diatur dalam Anggaran Dasar AMAN.

“Sepuluh nama calon Sekjen AMAN yang terpilih ini dinilai yang terbaik. Mereka memiliki kelayakan sesuai dengan persyarakatan yang ada di Anggaran Dasar,” kata Abdon.

Abdon menerangkan sepuluh nama calon Sekjen AMAN tersebut ditetapkan oleh Damannas pada 12 September 2022.

Damannas lanjutnya mengumumkan sepuluh nama calon Sekjen ini lebih cepat dari jadwal KMAN VI supaya ada waktu untuk para peserta Kongres mendalami nama-nama calon Sekjen tersebut.

“Ada waktu sebulan lebih bagi peserta KMAN VI untuk mendalami nama-nama calon Sekjen,” kata Abdon.

Abdon menjelaskan penetapan sepuluh calon Sekjen AMAN diawali dari proses penjaringan sejumlah nama yang diusulkan oleh Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah, bahkan ada juga dari anggota organisasi sayap dan Perhimpunan Pembela Masyarakat Adat Nusantara (PPMAN).

Lalu, nama-nama tersebut diteliti oleh tim penjaringan, diantaranya menyangkut asal usul,sudah bekerja tiga tahun dengan gerakan Masyarakat Adat. Hasil dari tim penjaringan ini kemudian dibawa ke Damannas untuk diperiksa dan diputuskan menjadi sepuluh orang.

“Sepuluh nama itu sudah bagus, kita lihat dari 10 nama itu yang terbaik, tentu saja kita serahkan sepenuhnya kepada peserta KMAN VI,” ujarnya.

Abdon menyatakan Damannas nanti akan menyerahkan nama-nama calon Sekjen AMAN tersebut kepada pimpinan sidang terpilih di Kongres.

Ia berharap di Kongres nanti, sepuluh nama calon Sekjen AMAN dipilih secara musyawarah mufakat.

“Tidak voting sebab saya yakin anggota yang hadir di Kongres nanti sudah mendalami masing-masing calon, akan memudahkan musyawarahnya jika pemilihan Sekjen AMAN dilakukan secara musyawarah mufakat agar tidak terlalu panjang kita bermusyawarah,” ungkapnya.

Deputi Sekjen AMAN, Eustobio Reri Renggo yang menjadi salah satu calon Sekjen menyatakan sebagai salah satu kader terbaik dari Masyarakat Adat dan cukup lama mengabdi pada isu-isu Masyarakat Adat, dirinya bersyukur dan berterima kasih telah mempercayakan dirinya sebagai salah satu calon Sekjen AMAN periode 2022-2027.

“Terima kasih, nama saya masuk dalam deretan calon Sekjen AMAN yang ditetapkan oleh Damannas. Ini amanah bagi saya untuk dapat memberikan ruang pengabdian terbaik dalam kepengurusan AMAN periode 2022-2027,” kata Eustobio.

Eustobio mengatakan pada prinsipnya, semua calon Sekjen yang ditetapkan Damannas memiliki kelebihan masing-masing dalam menjalankan roda organisasi AMAN.

Karenanya, Eustobio berharap dalam proses pemilihan Sekjen AMAN nanti hendaknya mengedepankan mekanisme musyawarah mufakat yang harus kita tegakkan untuk menjaga dinamika KMAN VI dan memperkuat pondasi Masyarakat Adat.

“Mari kita jadikan momentum KMAN VI ini untuk memperlihatkan bahwa demokrasi delibrate berdasarkan musyawarah mufakat yang selama ini dipraktekkan AMAN berjalan lancar dan sukses,” kata Eustobio yang juga Ketua 1 Panitia KMAN VI.

Direktur Perluasan Partisipasi Politik Masyarakat Adat PB AMAN, Abdi Akbar menyatakan ucapan terima kasih namanya telah diusulkan untuk menjadi salah satu kader AMAN yang mendapat kepercayaan untuk menjadi calon Sekjen.

“Saya berterima kasih kepada pengurus dan Komunitas Masyarakat Adat yang telah memberikan kepercayaan menjadi calon Sekjen AMAN,” kata Abdi yang juga Koordinator Infokom KMAN VI.

Abdi menjelaskan di AMAN, untuk menjadi pemimpin organisasi bukan kita yang mencalonkan diri.

“Tetapi, diusulkan oleh Komunitas Masyarakat Adat, anggota AMAN untuk menjadi calon Sekjen,” katanya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *