BERITA UTAMAPAPUA

Tinjau Pelayanan Publik, Pj. Bupati Gomar Lima Hari Keliling Distrik di Pedalaman Kabupaten Mappi

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Tinjau Pelayanan Publik, Pj. Bupati Gomar Lima Hari Keliling Distrik di Pedalaman Kabupaten Mappi

Share this article
IMG 20221008 WA0050
Foto: Istimewa Penjabat Bupati Michael R. Gomar menyerahkan buku kepada siswa saat kunjungan ke pelosok Mappi, Oktober 2022.

ads

Mappi, fajarpapua.com- Penjabat Bupati Kabupaten Mappi, Michael R. Gomar S. STP, M.Si mengunjungi sejumlah distrik di pedalaman wilayah itu.

Kunjungan selama 5 hari disejumlah distrik dikakukan untuk meninjau pelayanan publik di pelosok atau daerah terpencil yang ada di Kabupaten Mappi.

Kunjungan kerja ke distrik-distrik merupakan kali pertama dilakukan Michael Gomar semenjak menjabat sebagai Penjabat Bupati Mappi selama 4 bulan terakhir mulai dari 27 Mei 2022 lalu.

Bahkan dalam kunjungannya, Penjabat Bupati Mappi bermalam selama 5 hari di sejumlah distrik yang dikunjunginya, karena lokasi cukup jauh dari Kota Kepi Ibu Kota Kabupaten Mappi.

Hal ini dikarenakan kondisi geografis yang cukup sulit dan harus ditempuh menggunakan speedboat selama 2 hingga 3 jam perjalanan. Kunjungan kerja yang dimulai pada 3 Oktober, Penjabat Bupati Mappi didampingi dua anggota DPRD Mappi, Perwakilan Polres Mappi dan Wadanki Kompi 2 Bade.

Total 5 distrik dikunjungi orang nomor satu di Kabupaten Mappi selama 5 hari, mulai dari Distrik Edera, Distrik Yakomi, Distrik Venaha, Distrik Syachme hingga Distrik Bamgi.

Banyak Fasilitas Perlu Dibenahi

Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar menjelaskan, kunjungan ini bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat yang tinggal di distrik maupun kampung pelosok.

Dari hasil peninjauan fasilitas pemerintah di lima distrik, pihaknya menemukan banyak yang perlu dibenahi mulai dari gedung, fasilitas pendukung serta petugas yang masih terbatas.

“Saya ingin mendengar apa kendala, masukan dan saran dari masyarakat yang ada di setiap distrik dan kampung mulai dari sarana dan prasarana maupun pelayanan publik baik itu di sekolah, puskesmas, rumah ibadah maupun fasilitas TNI-Polri,” ucap Michael.

Michael menegaskan, aspirasi berupa saran dan masukan yang diterima dari masyarakat akan menjadi prioritas Pemerintah daerah (Pemda) Mappi ke depannya. Bahkan, ia berencana akan kembali meninjau pelayanan publik di 9 distrik lainnya.

“Keluhan saran dan masukan yang kami terima dan itu akan menjadi fokus kebijakan prioritas pembangunan yang akan kami programkan secara bertahap dan berkelanjutan. Kami  akan realisasikan mulai dengan melihat program yang prioritas dan penting di masyarakat,” kata Michael.

Pada kesempatan itu, Michael mengajak masyarakat untuk membantu menjaga situasi kamtibmas yang kondusif,  mendukung proses tahapan hingga pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

“Saya meminta para kepala kampung agar pengelolaan dan alokasi Dana Desa harus tepat sasaran kepada masyarakat,” pesan Michael sembari berencana akan melakukan kunjungan kerja ke 9 distrik lainnya di Mappi pada pekan depan. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *