BERITA UTAMAMIMIKA

FKMN Gelar Seminar Hukum Bagi Pemuda dan Mahasiswa, Datangkan Pakar Hukum Fakultas Hukum UGM

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

FKMN Gelar Seminar Hukum Bagi Pemuda dan Mahasiswa, Datangkan Pakar Hukum Fakultas Hukum UGM

Share this article
3d2b4215 1bde 406a a290 74c7b0d31aef
Foto : Reyno Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Ir Ignatius Edi Santoso MM memukul tifa menandai dibukanya kegiatan.

Timika, fajarpapua.com – Forum Komunikasi Masyarakat Ning Vatnim (FKMN) bersama Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Mimika menggelar seminar hukum dalam meningkatkan kesadaran hukum di masyarakat.

Seminar hukum yang mendatangkan Guru Besar dan Dosen Fakultas Hukum dari Universitas Gajah Mada (UGM) tersebut dilaksanakan di Hotel dan Resto 66, Selasa (15/12).

ads

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt Bupati Mimika yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Ir Ignatius Edi Santoso MM yang ditandai dengan pemukulan tifa.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Ir Ignatius Edi Santoso MM dalam sambutan pembukaan kegiatan mengatakan, pelaksanaan seminar ini merupakan dorongan moral yang baik, sehingga bisa membuka wawasan yang baru bagi mahasiswa dan pemuda dalam meningkatkan pemahaman hukum.

Ia menegaskan, pemerintah daerah sangat mendukung apa pun kegiatan positif yang bisa membuka wawasan masyarakat.

“Memang untuk mengawali suatu hal yang baik itu sangat sulit. Tetapi pemerintah akan selalu siap mendukung, sehingga kedepan bisa berjalan dengan baik,”tegasnya.

Sementara itu Ketua FKMN Mimika Marvey Dangeubun SH MH dalam sambutannya mengatakan, mahasiswa dengan intelektual yang tinggi dan pemuda dengan idealisme yang kuat memiliki peran penting bukan saja untuk dirinya sendiri, akan tetapi memiliki fungsi sosial yang lebih luas bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Saya sangat yakin bahwa kecerdasan intelektual tidaklah cukup hanya dimiliki oleh pemuda maupun mahasiswa. Tetapi harus diimbangi dengan kondisi akhlak yang baik, sehingga akan tumbuh generasi bangsa yang berkualitas,” tuturnya.

Menurutnya peran pemuda dan mahasiswa sebagai agen perubahan dalam masyarakat harus tetap berdiri digarda terdepan untuk menyuarakan aspirasi masyarakat.

Pemuda dan mahasiswa juga alat atau instrumen sosial. Khusus mahasiswa Fakultas Hukum pasti akan tetap mengingat pandangan tersebut.

“Peran penting lainnya adalah memastikan nilai-nilai kebaikan tetap terjaga dengan baik. Nilai kebaikan itu antara lain kejujuran, gotong royong, empati dan keadilan,”tuturnya.

Ia mengungkapkan melalui seminar ini sebagai momentum menyatukan persepsi dan meningkatkan pemahaman dari pemuda dan mahasiswa akan pentingnya kesadaran kepatuhan terhadap hukum.

“Sehingga dapat terwujud pemuda pemudi bangsa yang berwawasan kebangsaan, cerdas, kreatif, inovatif dan memiliki daya saing serta berakhlak mulia,”ungkapnya.

Kemudian Ketua STIH Mimika Maria Florida Kotorok SE MH.Kes dalam sambutannya mengatakan sasaran kegiatan memang difokuskan pada pemuda dan mahasiswa.

Diharapkan dengan mengikuti seminar hukum ini lanjutnya, mahasiswa dan pemuda memiliki wawasan sehingga sebagai tonggak pembangunan dapat mengambil peran dalam menjaga, dan meningkatkan kesadaran hukum ditengah-tengah masyarakat.

“Hukum sangat penting dan juga banyak hal yang menjadi pertimbangan kita. Sehingga mulai dari lingkup kita yaitu pemuda dan mahasiswa,”katanya.

Ia mengharapkan dengan mengikuti seminar tersebut bisa menambah wawasan bagi para pemuda dan mahasiswa, untuk berperan aktif.

“Semoga dapat membantu diri sendiri kemudian lingkungan disekitar dan masyarakat, itu harapan kami,”ungkapnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *