BERITA UTAMAMIMIKA

Kunjungi Mimika Panglima TNI dan Kapolri Cek Alutsista dan Berikan Dorongan Moril Anggota

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Kunjungi Mimika Panglima TNI dan Kapolri Cek Alutsista dan Berikan Dorongan Moril Anggota

Share this article
b9383072 e55f 41c1 8f60 ce4ae16966be
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan pers di di Bandara Mozes Kilangin, Senin (9/1). Foto: Reyno

Timika, fajarpapua.com – Pada kunjungan kerjanya ke Mimika Papua Tengah Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan pengecekan Alat utama sistem pertahanan (Alutsista) juga untuk memberikan memberikan dorongan moril kepada anggota TNI Polri yang bertugas di Papua.

“Kunjungan kami adalah wujud kecintaan kami kepada masyarakat Papua. Kami juga melihat para prajurit secara langsung disini, sehingga kita mengetahui apabila ada hal-hal yang perlu kami putuskan dan tindak lanjuti terkait tugas-tugas kedepannya,”kata Panglima di dampingi Kapolri usai melakukan pengecekan Alutsista di bandara Mozes Kilangin, Senin (9/1).

Ads

Menurutnya dorongan moril yang diberikan kepada para prajurit TNI Polri yang bertugas nantinya dapat memenuhi apa yang dibutuhkan. Sehingga para prajurit dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Sehingga para prajurit dapat meningkat morilnya sehingga dapat menjaga masyarakat Papua ini. Selain itu menjaga sarana dan prasarana yang sudah di bangun dan mendukung pembangunan oleh Pemerintah pemerintah pusat dapat terlaksana dengan baik dan lancar, sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat dan Papua lebih maju kedepan dengan cepat dan baik,”jelasnya.

Panglima mengungkapkan, selain memberikan dukungan moral pihaknya bersama Kapolri meminta kepada prajurit TNI Polri untuk berperilaku tegas dan humanis dalam menjalankan kegiatan pembinaan teritorial dan juga harus menjaga keamanan masyarakat dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang selalu melalukan teror.

” Kami meyakinkan kepada para prajurit saat dilapangan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik tentunya bisa menjaga masyarakat bisa berkeluarga dengan aman. Jika terjadi gangguan kita harus tegas,”ungkapnya.

Panglima menambahkan selain itu juga dirinya bersama Kapolri dan para kepala Staf angkatan juga untuk persiapan penyusunan markas-markas TNI Polri di wilayah Papua Tengah dan wilayah pemekaran lainnya yanga ada di Papua.

“Salah satu kunjungan kami juga dalam rangka penyusunan Kodam, Korem, Kodim, Koramil, Pangkalan Angkatan Laut dan Udara. Kemudian juga persiapan kebutuhan personil dari masukan para pimpinan wilayah. Dari masukan tersebut akan dibawa dalam perencanaan anggaran dan perencanaan tahun 2024,”ujarnya.

Sementara Kapolri Jenderal Listyo Sigit Pranowo menambahkan, dalam rangka pelaksanaan tugas di Papua sendiri pihaknya melalukan dua pendekatan yaitu kesejahteraan dan penegakan hukum yang dilakukan oleh dua tim dalam melakukan operasi tahun 2023.

“Tim tersebut terus kita gerakkan disuatu sisi ada kebijakan pemerintah pusat terkait pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua dan DOB yang harus kita kawal,” kata Kapolri.

“Kita juga menyiapakan satu operasi lagi yaitu menjaga daerah-daerah yang rawan konflik. Sehingga tiga operasi ini saling mengisi dari TNI Polri yang menjadi satu,” imbuhnya.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat ini bermalam di Mimika, selanjutnya besok dijadwalkan akan melanjutkan rangkain kunjungannya kerjanya ke Manokwari dan Sorong.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *