BERITA UTAMAMIMIKA

Ketua Bawaslu Mimika : Tugas Panwas Tidak Hanya Mencatat Tahapan, Tapi Jeli Melihat Temuan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Ketua Bawaslu Mimika : Tugas Panwas Tidak Hanya Mencatat Tahapan, Tapi Jeli Melihat Temuan

Share this article
IMG 20230318 WA0038
Komisioner dan Korsek Kabupaten Mimika memukul tifa menandai pembukaan kegiatan.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – Ketua Bawaslu Mimika, Yonas Yanampa, S.Psi., M.Sos menyatakan tugas Panwas distrik maupun kelurahan tidak hanya mencatat tahapan ditingkat PPD atau PPS, tapi jeli melihat temuan-temuan di lapangan.

Penegasan itu disampaikan Yonas dalam kegiatan pembinaan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Sekretariat Distrik pada tahapan penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2024 disalah satu hotel bilangan Jalan Budi Utomo Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (18/3/2022).

Yonas dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan menegaskan kembali tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dari Panwaslu Distrik. Dalam pengawasan bukan hanya mengambi foto dan mencatat tahapan yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilihan Distrik (PPD).

Begitu juga Panwas Kelurahan dan Kampung (PKK) tidak hanya mencatat tahapan yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS), tapi harus melihat temuan-temuan seperti tahapan dilaksanakan sesuai jadwal atau tidak, tahapan benar-benar dilaksanakan atau tidak.

Menurutnya Panwas juga perlu berkoordinasi dan komunikasi secara internal dengan Koordinator Sekretariat (Korsek), komunikasi dengan kepala distrik dan stakeholder terkait lainnya di wilayah kerja masing-masing.

“Supaya kita sama-sama awasi, karena motto Bawaslu Kabupaten Mimika adalah awasi bersama,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Pendidikan Pelatihan, Bawaslu Kabupaten Mimika, Imanuel Waromi, A.Md menjelaskan Bawaslu Kabupaten Mimika telah banyak mengikuti beberapa dinamika di jajaran Panwaslu Distrik, sehingga perlu dilakukan pembinaan dan peningkatan kapasitas SDM.

“Ke depan tahapan sangat berat kita harus sama-sama bersinergi dan kawal bersama. Kami Bawalsu Kabupaten perlu banyak dukungan dari teman teman di distrik, jangan sampai ada hal-hal menyebabkan pelaksanaan di distrik terhambat. Kita harus sering bertemu dan berdiskusi untuk mengatasi bersama semua hambatan yang terjadi dalam tahapan,” ujarnya.

Koordinator Divisi Hukum dan Sengketa, Bawaslu Kabupaten Mimika,  Blasius Narwadan mengatakan tahapan-tahapan berat akan dilalui sehingga perlu keseriusan Panwaslu Distrik dalam pengawasan.

Selanjutnya Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupate Mimika, Faizal Tura, SH menegaskan terkait kegiatan ini untuk melakukan evaluasi tentang substansi, administrasi dan keseketariatan. “Jadi kita lakukan diskusi bersama untuk membahas dinamika-dinamika yang terjadi agar kegiatan pengawasan bisa berjalan dengan maksimal,” kata Faizal.

Usai sambutan, acara dibuka secara resmi yang yang ditandai dengan pemukulan tifa oleh Komisioner dan Korsek Bawaslu Kabupaten Mimika.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan materi dari Komisoner Bawaslu Kabupaten Mimika dan disksusi bersama serta mengevaluasi setiap tahapan yang sudah dilalui.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *