BERITA UTAMAMIMIKA

Optimalkan Pengawasan Lalulintas Tumbuhan dan Satwa Liar, Karantina dan BKSDA Timika Rapatkan Barisan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Optimalkan Pengawasan Lalulintas Tumbuhan dan Satwa Liar, Karantina dan BKSDA Timika Rapatkan Barisan

Share this article
IMG 20230321 WA0001
Foto bersama usai kegiatan

Timika, fajarpapua.com- Dalam rangka mengoptimalkan kegiatan pengawasan peredaran Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL) Lintas Provinsi Papua Tengah, Karantina Pertanian Timika menyusun Rencana Pelaksanaan Program untuk periode 2022 – 2026 .

Program tersebut dijabarkan ke dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT) dengan BKSDA Timika yang dibahas pada Jumat (17/03) lalu.

ads

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepakatan (MoU), yang telah ditandatangani sebelumnya oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, pada 27 Juli 2021 di Jakarta.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Karantina Pertanian Timika, Ferdi SP., M.Si, Kepala Seksi KSDA Wilayah II Timika,Bambang Hartanto Lakuy, S.P dan para pejabat lainnya dari masing-masing instansi.

Dalam pembahasan itu terdapat 6 program utama yang akan dilaksanakan yaitu Pengembangan Mekanisme Komunikasi dan Koordinasi, Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia, Penyediaan Sarana dan Prasarana, Penyediaan Data dan Informasi, Sinergi Pelaksanaan Penegakan Hukum serta Monitoring dan Evaluasi.

Menurut Kepala Karantina Pertanian Timika, Ferdi, sinergi yang dilakukan antara BKSDA dengan Karantina Pertanian merupakan langkah maju yang harus diimplementasikan secara sungguh-sungguh.

“Kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat pengawasan lalulintas TSL di pintu masuk dan keluar seperti di Pelabuhan Laut dan Bandar Udara melalui penguatan tugas pokok dan fungsi masing-masing institusi, sehingga setiap tindak kejahatan berupa penyulundupan TSL ke masuk atau luar daerah dapat digagalkan,” tutupnya. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *