BERITA UTAMAMIMIKA

Kemandirian RSMM Timika Dalam Skema Sistem Kesehatan Nasional, Berawal dari Konsep Khusus Warga 7 Suku

cropped cnthijau.png
27
×

Kemandirian RSMM Timika Dalam Skema Sistem Kesehatan Nasional, Berawal dari Konsep Khusus Warga 7 Suku

Share this article
IMG 20230504 WA0013
Petugas medis RSMM Timika sedang melayani pasien

Timika, fajarpapua.com – RSMM adalah rumah sakit yang konsep awalnya dikhususkan untuk melayani masyarakat 7 suku. Ketika didirikan tahun 1999, pelayanan kesehatan di wilayah Mimika masih amat terbatas.

Fasilitas Kesehatan di Kuala Kencana yang dikhususkan untuk karyawan PTFI juga ikut melayani masyarakat 7 suku yang bermukim di sekitarnya. Karena jarak yang jauh, masyarakat tujuh suku tidak dapat menjangkau Puskesmas di Kwamki Baru.

ads

Puskesmas ini satu-satunya fasilitas Kesehatan milik pemerintah pada saat itu dengan layanan terbatas, selain puskesmas juga ada puskesmas pembantu yang ada di satuan pemukiman. Kebutuhan akan fasilitas kesehatan yang memadai menjadi prioritas utama saat itu.

Beranjak dari situlah, Pemerintah, PT Freeport Indonesia (PTFI), Lembaga Pengembangan Masyarakat Irian Jaya (LPMI) dan Gereja Katolik secara bersama mendirikan Rumah Sakit Mitra Masyarakat Mimika (RSMM) dengan perannya masing-masing. Pemerintah menyiapkan lahan, PTFI melalui LPMI menyiapkan dana operasional dan Gereja Katolik menyiapkan pengelola.

Sesuai kondisi saat itu, RSMM dikonsepkan untuk melayani masyarakat 7 suku dimana seluruh biaya operasional ditanggung sepenuhnya oleh LPMI (kini YPMAK). Pemberian dana operasional oleh LPMI dalam bentuk hibah ke RSMM amat sesuai pada masa itu, karena seluruh pasien RSMM adalah masyarakat 7 suku penerima manfaat dana kemitraan PTFI. Namun, jika ada pasien umum maka skema pendanaannya sudah harus disesuaikan.

Pemekaran Kabupaten Fak-Fak di tahun 1996 yang melahirkan Kabupaten Mimika membawa dampak yang besar dalam pembangunan wilayah Mimika, termasuk pembangunan kesehatan. Selain hadirnya puskesmas-puskesmas di masing-masing kecamatan pemekaran, Pemerintah menghadirkan RSUD Mimika di akhir tahun 2008. Belum lagi berdirinya klinik-klinik swasta selain dari praktik dokter mandiri. Ada dua klinik bahkan belakangan berkembang menjadi rumah sakit yaitu RS Tjandra Medika dan RS Kasih Herlina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *