BERITA UTAMAMIMIKA

Hadir Dua Sekolah Negeri, Kota Tua Kokonao Berubah Jadi “Muda Kembali”, Kepala Kampung Sampaikan Terima Kasih

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Hadir Dua Sekolah Negeri, Kota Tua Kokonao Berubah Jadi “Muda Kembali”, Kepala Kampung Sampaikan Terima Kasih

Share this article
IMG 20230507 WA0038
Pastor Paroki St Maria Bintang Laut Kokona, Pater Gebby SCJ didampingi Kadis Pendidikan Mimika Wellem Naa dan Sekretaris Dinas Pendidikan Fransiskus Bokeyau saat memberkati gedung SMA Negeri 3 Mimika di Kokonao.

Timika, fajarpapua.com – Kokonao, ibukota Mimika Barat, makin berseri. Jalanan sepanjang kurang lebih 500 meter sudah ditailing kembali. Kantor distrik yang repsentatif dan fasilitas sekolah yang memadai membuat daerah yang dijuluki kota tua itu terlihat muda kembali. Apalagi dua sekolah negeri, SD Negeri dan SMA Negeri 3 Kokonao kini hadir di daerah delta tersebut.

Suasana Sabtu (6/5) pagi di pusat Kota Kokonao nampak ramai. Dibawah awan mendung, warga diiringi tarian seka yang dibawakan murid SD Negeri Kokonao dan SMA Negeri 3 mengiringi rombongan Kadis Pendidikan Mimika Wellem Naa dari SD Negeri Kokonao menuju SMA Negeri 3 Mimika. Jarak tempuh sekitar 2 kilometer tidak membuat lelah, sebab sepanjang jalan keramahan warga bertegur sapa membuat suasana keluargaan terlihat hidup.

ads

Kepala kampung Kokonao, Onosemus Kautapea menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemda Mimika sehingga bangunan SMA Negeri 3 Mimika di Kokona sudah tuntas dibangun. Namun masih ada beberapa piranti pendukung yang menurutnya perlu dilengkapi.

“Memang banyak kekurangan yang sudah disampaikan dewan guru.
Gedung baru tidak boleh anak dari luar yang datang kerja di sini. Kalau bisa anak-anak yang tamat dari sini harus lanjut sekolah supaya bisa kembali ke tempat ini. Masih banyak kekuarangan seperti tenaga guru dan fasilitas sekolah,” ujarnya.

Acara peresmian SMA Negeri 3 Kokonao dihadiri kepala Dinas Pendidikan Mimika Wellem Naa, Sekretaris Dinas Fransiskus Bokeyau, Kabid SD Stanislaus Helyanan, Pastor Paroki St Maria Bintang Laut Kokonao, Kapolsek Kokonao, Danramil, 7 kepala kampung, perwakilan tokoh masyarakat, kepala bandara Kokonao, kepala puskesmas, mantan kepsek SMA N Kokonao serta ratusan siswa dan warga.

“Saya bangga pa Kadis dan rombongan datang nginap di sini. Dalam acara ini banyak kekurangan, kami minta maaf. Yang merubah anak kita hanya pendidikan. Saya mohon mari bina dengan baik bagi anak supaya ada semangat. Tanpa pendidikan tidak mungkin bisa berubah menjadi baik,” tukasnya.

Sementara Kepsek SMA Negeri 3 Kokonao, Aris Siada, S, Pd, MM menyatakan bangunan ini dari dana DAK tahun 2022. Ada enam item bangunan yaitu lab biologi, ruang guru, lab fisika, ruang komputer, ruang UKS beserta rumah dinas.

“Masih banyak kebutuhan kami, SD Negeri Kokonao sudah diresmikan, sudah bisa digunakan dengan baik.
Kami dikasih bangunan tapi tanpa perabot, semoga kedepan mohon ada perhatian dari Pemda Mimika.
Perlu ruang belajar karena ruang lama sudah lapuk, sudah miring. Kantor belakang kami juga tidak layak. Perlu rumah dinas guru, toilet siswa,” ujarnya.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *