BERITA UTAMAMIMIKA

Jalan Sehat dan Aksi Pungut Sampah Warnai Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
12
×

Jalan Sehat dan Aksi Pungut Sampah Warnai Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Mimika

Share this article
IMG 20230605 WA0023
Sambutan Asisten II Setda Mimika Petrus Lewa Koten mewakili Plt Bupati Mimika dalam puncak acara hari lingkungan hidup sedunia.

ads

Timika, fajarpapua.com – Puncak hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada Senin (5/6) hari ini dipusatkan di Graha Eme Neme Yauware.

Pemda Mimika didukung oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) serta pihak swasta lainnya menggelar jalan sehat dan aksi memungut sampah diseputaran Kota Timika.

Sebelum puncak peringatan, panitia juga melaksanakan berbagai macam lomba anatara lain, Lomba mewarnai tingkat SD, Lomba daur ulang sampah dan Lomba kebersihan lingkungan tingkat RT.

Tujuan kegiatan tersebut untuk mengingatkan setiap efek dari aktifitas masyarakat terhadap lingkungan, juga untuk menumbuhkan kesadaran akan masalah yang sedang dihadapi oleh lingkungan saat ini.

Asisten II Setda Mimika Petrus Lewa Koten mewakili Plt Bupati Mimika dalam sambutannya mengatakan, pemikiran-pemikiran utama yang selalu didengungkan setiap memperingati hari lingkungan hidup sedunia ada dua hal yaitu yaitu kesehatan lingkungan dan kelestarian lingkungan.

“Sehat karena lingkungan bersih tidak ada sampah dimana-mana dan kelestarian lingkungan itu hal yang harus kita jaga dari apapun yang bisa merusaknya, yang utama adalah sampah,”tuturnya.

Ia mengungkapkan, Plt Bupati Mimika selalu mengingatkan akan kepedulian menjaga kebersihan lingkungan. Dengan menggerakkan masyarakat ditingkat RT hingga Distrik.

“Dinas terkait harus berkoordinasi terus dengan pihak-pihak terkait untuk kebersihan lingkungan. Ada dana keberaihan yang digelontorkan jika tidak dilaksanakan ini akan menjadi catatan,”ungkapnya.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat Mimika untuk bersama-sama sadar dalam menjaga lingkungan, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit seperti Malaria dan Demam berdarah yang hingga saat ini masih menjangkiti sebagian besar masyarakat Mimika.

“Selaku Pemerintah Daerah mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga keberaihan lingkungan. Bukan hanya pada saat memperingati hari lingkungan hidup saja tetapi setiap hari,”ujarnya.

Kegitan di tutup dengan pembagian dooprize dari panitia acara dan dihibur dengan penampilan artis lokal Papua yang membuat para tamu undangan bergoyang.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *