BERITA UTAMAMIMIKA

Perbaiki Kinerja Para Pelaku UKM, Dinas Koperasi Mimika Gelar Pelatihan Go Digital

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Perbaiki Kinerja Para Pelaku UKM, Dinas Koperasi Mimika Gelar Pelatihan Go Digital

Share this article
IMG 20230823 WA0042
Suasana kegiatan pendidikan dan pelatihan UKM bagi pelaku UKM dalam daerah (Go Digital) tahun 2023 di Hotel Cartenz, Rabu (23/8)

Ads

Timika, fajarpapua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menggelar kegiatan pendidikan dan pelatihan UKM bagi pelaku UKM dalam daerah (Go Digital) tahun 2023, sekaligus melaunching aplikasi market place UKM Mimika berbasis website dan android.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan mengusung tema Transformasi Go Digital, Menuju Digitalisasi Produk UMKM Maju – UMKM Mimika Bangkit tersebut dilaksanakan di Hotel Cartenz, Rabu (23/8)

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan serta kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia para UKM.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Bertha Beanal dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan mengatakan, Indonesia mempunyai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki peranan penting menjadi salah satu penggerak perekonomian negara. 

Pelatihan koperasi, usaha kecil dan menengah di Kabupaten Mimika merupakan wahana bagi masyarakat koperasi dan pelaku UKM untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan dan etos kerja produktif, serta dapat menumbuhkan jiwa wirausaha yang merupakan modal dasar dalam menjalankan usaha.

Dalam menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dan kompetitif di era globalisasi, kata dia, pengembangan sumber daya manusia menjadi salah satu skala prioritas, yang secara konsisten terus dilakukan pemerintah. Sebab sektor koperasi dan UMKM dinilai mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pelatihan kewirausahaan ini akan memberikan ruang kesempatan kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan kapasitasnya, membuka peluang kemitraan, mengembangkan jejaring promosi usaha serta produk, untuk meningkatkan produktivitas, serta meningkatkan motivasi kepercayaan diri dalam menjalankan usaha,” jelasnya.

Ia menambahkan, pelatihan ini dapat berkontribusi nyata dalam mendorong digitalisasi koperasi dan UMKM di daerah menuju koperasi dan UMKM modern yang mampu beradaptasi serta tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

Program pelatihan digital UMKM ini merupakan wujud dan komitmen pemerintah untuk memajukan, memperkuat dan memberdayakan UMKM dan ultra mikro di Indonesia. Program ini selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo agar ada transformasi digital di Indonesia.

“Jadi transformasi digital bagi koperasi dan UMKM sudah menjadi keharusan, seiring era revolusi industri, kegiatan ekonomi dituntut bergeser dari metode konvensional menjadi lebih modern melalui digitalisasi. Terlebih, digitalisasi telah menjadi solusi bagi para pelaku UMKM dan koperasi untuk bertahan dan tumbuh,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah Dinas Koperasi dan UKM Samuel Yogi saat ditemui usai pembukaan kegiatan mengatakan, kegiatan tersebut untuk memperbaiki kinerja para pelaku usaha dan memutakhirkan keahlian yang sejalan dengan perubahan teknologi menuju go digital.

“Kemudian membantu memecahkan masalah operasional dan untuk mempersiapkan para pelaku usaha yakni bagaimana cara melakukan promosi produk dengan baik,” ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *