BERITA UTAMAMIMIKA

LKTD Gelombang 2 : Awalnya Kesulitan, Namun Akhirnya Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
19
×

LKTD Gelombang 2 : Awalnya Kesulitan, Namun Akhirnya Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Share this article
LKTD Gel 2 2
mahasiswa penerima beasiswa YPMAK

SETELAH menggelar kegiatan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) Gelombang pertama, Yayasan Bina Taruna Indonesia Bumi Cenderawasih (Binterbusih) mitra Yayasan Pemberdayaan Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia kembali mengadakan LKTD gelombang kedua.

Sebanyak 41 mahasiswa penerima beasiswa YPMAK mengikuti kegiatan ini. Kegiatan yang berlangsung mulai 30 Agustus – 2 September 2023 di Griya Asisi, Bandungan, Ambarawa, Jawa Tengah diikuti oleh mahasiswa asal kota studi Semarang, Ungaran, Salatiga, Jakarta, dan Bandung.

ads

Tak jauh berbeda dengan gelombang pertama, materi yang diberikan yaitu pidato (public speaking), materi kesekretariatan, materi kepemimpinan pribadi, dan materi organisasi.

Dalam mengikuti kegiatan tersebut, mahasiswa juga dituntut untuk menerapkan pola hidup disiplin dan teratur, mengikuti peraturan yang ketat, dan diberi tugas yang banyak.

Selama empat hari kegiatan, para peserta sangat antusias dan memberikan usaha terbaiknya dalam mengikuti semua materi yang diberikan.
Salahsatu perwakilan peserta Delfinus Omabak mengaku sangat terkesan usai mengikuti kegiatan LKTD.

“Sangat menarik kegiatan ini, walaupun ada kurang lebihnya, namun kami akan mengambil sisi baiknya karena materi-materi yang diberikan pasti akan bermanfaat bagi perkuliahan, lingkungan, serta masa depan kita,” Katanya Delfianus seraya mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah memberi bimbingan selama 4 hari.

Sementara itu, perwakilan panitia (pendamping) menyampaikan kesulitan dalam dalam memberi bimbingan dan instruksi kepada peserta pada awal kegiatan.

“Namun akhirnya kita sekarang disini bersama dan menjadi pribadi yang lebih baik dari pada saat awal datang”, kata perwakilan panitia usai kegiatan LKTD.

Ketua Yayasan Binterbusih, Pascalis Abner menyampaikan selamat bagi seluruh peserta yang telah menyelesaikan rangkaian kegiatan LKTD.

“Kita disini adalah orang-orang pilihan karena awalnya yang mendaftar 60 namun, sampai disini banyak yang berhalangan hadir, jadi, selamat untuk teman-teman pilihan yang sudah menyelesaikan proses”, ujar Pascalis dalam sambutan penutupan acara.

Selain pemberian pelatihan dan materi, panitia juga memberikan apresiasi kepada empat peserta terbaik selama kegiatan, Fitalia Tumuka menjadi terbaik pertama.

Dilanjutkan dengan Yuliana Wafom sebagai peserta terbaik kedua, Amandus Tewa peserta terbaik ketiga, dan Fransiska Iriani Intan peserta terbaik keeempat. ***

Penulis : Helen Mahakena, Mahasiswi magang di Divisi Humas YPMAK
Editor : Miskan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *