BERITA UTAMAMIMIKA

Kodim 1710 Mimika Ajari Petani di Kampung Wania Budidaya Kopi Robusta

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
22
×

Kodim 1710 Mimika Ajari Petani di Kampung Wania Budidaya Kopi Robusta

Share this article
IMG 20231003 WA0008
kopi robusta

Timika, fajarpapua.com- Kodim 1710/Mimika, Provinsi Papua Tengah melalui Bintara pembina desa (Babinsa) mengajarkan cara membudidayakan kopi robusta bagi warga binaan di Kampung Wania, Distrik Mimika Timur.

Babinsa Kodim 1710/Mimika Serda Yohanis Lilik mengatakan bahwa pihaknya memanfaatkan waktu luang dengan menanam kopi robusta.

ads

“Jadi kami memanfaatkan waktu luang tersebut dengan menanam kopi jenis robusta di lahan seluas satu hektar,” katanya.

Menurut Babinsa, awalnya banyak kendala yang dihadapi dalam budidaya kopi robusta, tapi kendala tersebut tidak menjadi penghalang yang berarti.

“Kita harus menjadikan kendala sebagai penyemangat, karena saya ingin membuktikan budidaya kopi dapat menjadi sumber ekonomi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya rutin melakukan pembinaan bagi warga dalam membudidayakan komoditas kopi robusta, agar menjadi mata pencaharian yang dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

“Kami terus mengasah ilmu tentang cara membudidayakan komoditas kopi secara otodidak,” katanya lagi.

Dia menambahkan budidaya kopi sudah ditekuni sejak beberapa tahun terakhir, masyarakat di sekitar mulai berdatangan dan bertanya tentang cara budidaya kopi yang baik maka dilakukan pembinaan.

“Jika ada warga datang maka kami meluangkan waktu untuk mengajari langsung dan diajak praktek karena saat di lapangan mereka akan mudah mengerti,” ujarnya. (an)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *