MIMIKA

Kepala Lapas Timika Beberkan Penyebab Empat Narapidana Kabur, Ternyata Saat Petugas Buka…

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
180
×

Kepala Lapas Timika Beberkan Penyebab Empat Narapidana Kabur, Ternyata Saat Petugas Buka…

Share this article
IMG 20231022 WA0105
Kepala Lapas kelas IIB Timika Marthen Bake Palinoan.

ads

Timika, fajarpapua.com – Empat Narapidana (Napi) berhasil kabur dari Lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Timika ternyata saat petugas membuka blok untuk sarapan pagi para napi.

Kepala Lapas Timika Marthen Bake Palinoan kepada fajarpapua.com Minggu (22/10) malam menjelaskan, pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 pukul 06.00 WIT pagi petugas membuka blok untuk persiapan sarapan pagi.

Sekitar pukul 07.00 barulah ketahuan empat Napi sudah melarikan diri atau kabur.

“Jam 06.00 pagi semua blok itu dibuka untuk persiapan sarapan pagi. Saya dapat telepon dari KPLP pukul 08.00 bahwa ada yang lari, saya langsung masuk cek dan memang betul ada yang melarikan diri,” jelasnya.

Menurut dia, setelah mengetahui ada Napi kabur pihaknya langsung melakukan pengejaran dan berhasil menangkap satu orang Napi atas nama Marthinus Atiti. Tinggal tiga Napi yang belum tertangkap yaitu Roy Marthen Howay, Yanuarius Nukowo dan Abraham Charles.

“Satu orang langsung tertangkap di belakang Lapas,” tuturnya.

Tentang bagaimana kaburnya Napi tersebut, ia mengungkapkan keempat pelaku berhasil merusak pagar ornamesh yang ada di belakang sel tahanan.

“Pagar ornameshnya mereka gunting pakai gunting besi, dari situ mereka kabur,” ungkapnya.

Ia menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian secara lisan terlebih dahulu dan selanjutnya menyurat secara resmi pada Polres Mimika.

“Awalnya kami lakukan pemberitahuan secara lisan karena staf saya melakukan pencarian dan teman-teman dari Polres sudah berkunjung ke Lapas untuk melihat tempat kaburnya Napi tersebut,” ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *