BERITA UTAMAMIMIKA

Benih Tanaman Hias Barringtonia asal Timika Diminati Konsumen Bali, Ferdi : Miliki Bunga Cantik Warna Merah Muda

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
104
×

Benih Tanaman Hias Barringtonia asal Timika Diminati Konsumen Bali, Ferdi : Miliki Bunga Cantik Warna Merah Muda

Share this article
4248bcf1 6095 4055 810e 514b1a441da1
Pejabat Karantina Pertanian Timika melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap tanaman Barringtonia sebelum diberangkatkan ke Bali

Timika, fajarpapua.com- Meski di Timika belum dikenal atau populer tanaman hias Barringtonia kini banyak dikirim ke luar daerah terutama ke konsumen di Pulau Dewata, Bali.

Bahkan Kantor Karantina Pertanian Timika sudah beberapa kali melakukan pemeriksaan terhadap komoditas ini, termasuk pada awal pekan lalu sejumlah sembilan benih tanaman Barringtonia tujuan Bali.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kepala Kantor Karantina Pertanian Timika Ferdi mengatakan sebanyak 9 benih Barringtonia dan 3 batang bibitnya dikirim menggunakan cargo pesawat pada Senin (6/11) lalu.

“Pejabat Karantina Pertanian Timika melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap tanaman Barringtonia sebelum diberangkatkan ke Bali,” katanya.

Menurut Ferdi, tanaman ini mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat Indonesia, namun tanaman ini memiliki bunga yang cantik sebab bertangkai panjang dan warna merah muda, ini yang menjadi daya tarik.

“Setelah kami periksa, tidak ditemukan gejala dan tanda penyakit pada bibit tanaman tersebut,” katanya lagi.

Dia menjelaskan pemeriksaan dilakukan guna memastikan bibit tanaman tersebut aman serta bebas dari organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK).

“Tidak ada penyakit pada media tanaman sehingga diterbitkan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT-12),” katanya lagi.

Dia menambahkan kini keindahan tanaman Barringtonia tidak lagi hanya dirasakan masyarakat Timika, tetapi juga di seluruh Indonesia.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk melapor ke karantina jika ingin mengirim hewan, tumbuhan maupun produk turunannya,” ujarnya lagi. (an)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *