BERITA UTAMAMIMIKA

Sukseskan Pemilu 2024, Disdukcapil Mimika Gelar Rakornis Penguatan Pelayanan Publik

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
39
×

Sukseskan Pemilu 2024, Disdukcapil Mimika Gelar Rakornis Penguatan Pelayanan Publik

Share this article
WhatsApp Image 2023 11 15 at 12.56.28
Memukul tifa secara bersama menandai dibukanya Rakornis Dukcapil Mimika di hotel Horisin Diana Rabu (15/10).

Timika, fajarpapua.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Dukcapil) menggelar Rakornis Penguatan Pelayanan Publik untuk menyukseskan Pemilu Serentak 2024, di Hotel Horison Diana, Rabu (15/10).

Kegiatan dibuka oleh Pj. Sekda Mimika Robert Mayaut dilaksanakan sebagai bagian tindak lanjut pelaksanaan Rakornas Dukcapil yang bertujuan mensukseskan Pemilu 2024 dan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Ads

Robert Mayaut mewakili Bupati Mimika dalam sambutannya menyampaikan tujuan dari Rakornis ini untuk memperkuat komitmen dan menyamakan persepsi jajaran Dukcapil, OPD, distrik dan kelurahan serta stakholder terkait guna mendukung kemudahan pelayanan publik.

Selain itu juga untuk mendorong integrasi dan digitalisasi data kependudukan dan saling bersinergi dengan layanan publik lainnya serta mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024.

“Rakor Dukcapil sebagai sarana evaluasi pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kependudukan dan pencatatan sipil. Rakor ini sangat bagus bagi daerah kita dalam mewujudkan data kependudukan yang akurat dan akuntabel dalam pelayanan publik,” katanya.

Dijelaskan dalam konteks Pemilu Serentak 2024, Dukcapil adalah sumber data utama untuk daftar pemilih serta untuk memastikan bahwa daftar pemilih akurat dan terkini adalah langkah penting untuk proses Pemilu yang berjalan dengan lancar dan transparan.

Semangat “Dukcapil Prima, Indonesia Maju” lanjutnya harus diimplementasikan dalam setiap layanan Dukcapil, baik itu layanan dokumen kependudukan kepada masyarakat, maupun layanan data kependudukan kepada lembaga layanan publik.

Hal ini karena dokumen kependudukan dan data kependudukan itu sendiri merupakan dua output besar layanan administrasi kependudukan.

“Prima adalah spirit pelayanan jajaran Dukcapil yang mencerminkan sikap profesional, responsif, inovatif, melayani, dan akuntabel,” ujarnya.

Sementara Kepala Disdukcapil Mimika Slamet Sutejo saat ditemui usai pembukaan kegiatan mengatakan, dalam Rakornis tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada Instansi Vertikal seperti Distrik, Kelurahan, RS, Puskesmas dan lainnya yang sudah berkolaborasi dan bekerjasama dengan Dukcapil.

“Hari ini spesial karena kami serahkan penghargaan kepada instansi vertikal. Melalui inovasi-inovasi program yang berbeda-beda yang bekerjasama dengan Dukcapil,”katanya.

Menurutnya dalam Rakornis tersebut sebagai pemateri adalah Dirjen Dukcapil dari Kemendagri, dengan materi penguatan Dukcapil, persiapan Pemilu serentak 2024, pentingnya mengugunakan hak akses pemanfaatan data kependudukan yang terkoneksi dengan dinas dan instansi lainnya.

“Pemateri lainnya dari Kesbangpol Mimika dengan materi tentang peran dan dukungan Pemda dalam mensukseskan Pemilu dan netralitas ASN,” ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *