BERITA UTAMAPAPUA

Masyarakat Distrik Sawa Erma Sudah Bulatkan Tekad, Thomas Eppe Safanpo Siap Menangkan Pilkada Asmat 2024

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
83
×

Masyarakat Distrik Sawa Erma Sudah Bulatkan Tekad, Thomas Eppe Safanpo Siap Menangkan Pilkada Asmat 2024

Share this article
WhatsApp Image 2023 11 16 at 10.00.18
Ribuan Warga masyarakat Distrik Sawa Erma Jemput Calon Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo Gunakan 104 Perahu Loangboat Fiber di Sangai Pomats.

Asmat, fajarpapua.com – Dukungan Masyarakat akar rumput terhadap Thomas Eppe Safanpo (TES) sebagai calon Bupati Asmat pada Pilkada 2024 semakin kuat. Kali ini datang dari masyarakat 10 Kampung di Distrik Sawa Erma, Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

Dukungan masyarakat adat se-Distrik Sawa Erma untuk Thomas Eppe Safanpo dinyatakan dalam deklarasi bersama pada saat pesta Jew Baru yang dihadiri Thomas Eppe Safanpo di Kampung Sawa, Rabu (15/11) yang juga dihadiri masyarakat perwakilan 11 kampung dari Distrik Pulau Tiga.

Ads

Kehadiran Wakil Bupati Asmat pada pesta Jew tersebut dijemput secara meriah dan antusias oleh masyarakat dengan menggunakan 104 armada Perahu Loangboat Fiber yang tampak memenuhi sungai Pomats sambil berarak menuju Jew Sawa tempat berlangsungnya acara adat tersebut.

“Kampung Sawa bertindak sebagai tuan pesta dan tuan rumah untuk dua kegiatan ini, yakni kegiatan Pesta Adat dan kegiatan Deklarasi Politik. Perwakilan kampung dalam cakupan Distrik Sawa Erma yang hadir dalam acara ini, yakni: Kampung Mumugu, Kampung Mumugu Dua, Kampung Bu, Kampung Agani, Kampung Pupis, Kampung Erma, Kampung Sona, Kampung Er dan Kampung Sauti. Sebagai undangan, hadir juga perwakilan 11 kampung dari Distrik Pulau Tiga,” ujar Thomas dalam keterangannya yang dikutip fajarpapua.com dari laman Facebook resminya, Kamis (16/11).

“Di dalam Jew Sawa, Masyarakat Distrik Sawa Erma menyatakan sikap politik dan kebulatan tekad untuk mendukung figur TES di Tahun 2024. Pernyataan komitmen politik itu dikukuhkan dengan “ju” yang meriah,” tambah putra asli Asmat yang sangat mencintai budayanya ini.

Sementara itu, Ketua Adat Kampung Sawa, Servandus, dalam bahasa adat Asmat menutup acara dengan mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk memanjatkan doa kepada Tuhan sekaligus memohon restu dari para leluhur untuk memberkati serta merestui seluruh rencana kedepannya.

“Ketua Adat Kampung Sawa, Bapak Servandus menutup seluruh rangkaian acara pesta adat ini dengan memanjatkan doa kepada Sang Semesta dalam Bahasa Asmat dialek Rumpun Adat Keenok,” pungkas Thomas dalam keterangan tertulisnya tersebut.

Demikian deklarasi masyarakat adat di Kampung Sawa ini memberikan isyarat bahwa Thomas Eppe Safanpo diprediksi akan memenangkan Pilkada 2024 di Kabupaten Asmat dengan mendulang semua suara di seluruh Distrik se-Kabupaten Asmat, bahkan digadang-gadang akan melawan kotak kosong.(Jef)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *