BERITA UTAMAMIMIKA

Dihadang Cuaca dan Transportasi Udara Mahal, Tak Surutkan Disdukcapil Mimika Layani Adminduk ke Pedalaman

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
61
×

Dihadang Cuaca dan Transportasi Udara Mahal, Tak Surutkan Disdukcapil Mimika Layani Adminduk ke Pedalaman

Share this article
IMG 20231117 WA0000
Disdukcapil Mimika saat melakukan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) ke pedalaman

Timika, fajarpapua.com- Meski sering mendapat berbagai kendala seperti cuaca maupun biaya transportasi udara yang cukup tinggi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, terus aktif memberikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) ke pedalaman.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mimika Slamet Sutedjo di Timika, Kamis, mengatakan yang termasuk wilayah pedalaman yakni pesisir dan pegunungan pada daerah itu karena aksesnya yang cukup sulit.

Ads

“Petugas kependudukan saat melakukan pendataan ke pesisir harus menggunakan transportasi laut seperti perahu dengan cuaca yang yang tidak menentu,” katanya.

Jika petugas kependudukan melakukan pelayanan ke wilayah pegunungan menggunakan transportasi udara yang mahal dan jadwal yang tidak pasti.

“Dengan kondisi yang ada tidak menyurutkan semangat dari Disdukcapil Kabupaten Mimika untuk menjangkau masyarakat di pedalaman,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga berkolaborasi dengan instansi vertikal guna menghadirkan layanan data kependudukan yang cepat dan akurat.

“Saat ini masyarakat di pedalaman dapat memiliki akta kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya di kantor distrik setempat,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada instansi vertikal yang telah berinovasi dan berkolaborasi bersama Disdukcapil Mimika, dalam memberikan layanan kependudukan yang cepat dan akurat kepada masyarakat.

“Kami memberikan penghargaan bagi tujuh distrik, tiga kelurahan, satu kampung, tiga rumah sakit, dua puskesmas, Kementerian Agama Timika dan Pengadilan Agama Mimika yang telah menjalankan inovasi layanan kependudukan bersama kami,” tutupnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *