BERITA UTAMAPAPUA

Acara Puncak Sail Teluk Cenderawasih 2023 Sukses Digelar dengan Listrik PLN Tanpa Kedip

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
12
×

Acara Puncak Sail Teluk Cenderawasih 2023 Sukses Digelar dengan Listrik PLN Tanpa Kedip

Share this article
IMG 20231124 WA0013
Petugas PLN melakukan siaga pengamanan pada _venue_ rangkaian acara Sail Teluk Cenderawasih 2023.

Biak Numfor, fajarpapua.com – Acara puncak Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 sukses digelar dengan listrik PLN tanpa kedip zero down time) di Kawasan Pantai Samau, Biak Numfor pada Kamis (23/11).

Dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), event yang mengusung tema “Memantapkan Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik” tersebut berjalan lancar tanpa kendala.

ads

Dalam sambutannya, Jokowi menjelaskan bahwa Papua memiliki kekayaan alam yang berlimpah sebagai beranda Indonesia di Kawasan Pasifik. Teluk Cenderawasih sebagai kawasan dengan ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia serta menjadi surganya biota laut serta terumbu karang, menjadi pilihan yang tepat untuk memperkenalkan potensi bahari, maritim, pariwisata dan sosial budaya Indonesia.

“Dengan adanya puncak acara Sail Teluk Cendrawasih (STC) 2023, budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional bahkan internasional dan global. Ini akan mendorong jumlah wisatawan, akan mendorong event creator akan mendorong minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua,” ujar Jokowi.

Sebagai penutup, Jokowi juga berharap agar event yang sangat baik ini bisa diteruskan serta ditingkatkan kembali kreativitas, inovasi serta keterlibatan dari masyarakat dan UMKM. Dia juga ingin agar manfaat terselenggaranya kegiatan ini bisa dirasakan oleh masyarakat Papua dari tindak lanjut setelah acara berakhir.

Suksesnya acara puncak Sail Teluk Cenderawasih 2023 tidak lepas dari kontribusi dan kesigapan PT PLN (Persero) dalam mengawal kebutuhan kelistrikan sepanjang rangkaian acara. Kehadiran suplai listrik yang andal, mampu membawa kemeriahan acara puncak yang kurang lebih diikuti oleh 10.000 orang.

Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto yang memimpin siaga kelistrikan di lokasi menjelaskan bahwa keandalan pasokan kelistrikan ditopang oleh sistem kelistrikan Biak yang memiliki kapasitas pembangkit sebesar 36,39 KW dengan beban puncak sebesar 16,7 KW dan masih menyisakan cadangan daya sebesar 20,69 KW. Dengan jumlah tersebut, masih sangat cukup untuk menjaga keandalan selama acara berlangsung.

“Alhamdulillah pasokan listrik PLN terbukti andal sehingga acara puncak bisa berlangsung tanpa kendala. Dengan menggunakan serta memaksimalkan skema pengamanan berlapis (adaptive defense scheme), acara berlangsung dengan listrik tanpa kedip,” ungkap Adi.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono menyampaikan PLN siap dan siaga 24 jam untuk melakukan pengamanan pada 12 lokasi yang termasuk dalam rangkaian acara. Untuk memastikan suplai listrik tetap aman, PLN juga menyiapkan beberapa peralatan pendukung seperti 3 Unit Gardu Bergerak (UGB), 3 Uninteruptible Power Supply (UPS), 9 unit genset serta sebuah Unit Kabel dan Kubikel Bergerak (UKKB).

“Semangat kami mengupayakan titik yang kritikal tidak boleh kedip, terutama untuk acara pembukaan, acara puncak dan penutupan. Terima kasih atas kerja keras seluruh pejuang kelistrikan dan juga para stakeholder yang terlibat. Mari kita tuntaskan tugas ini dengan maksimal dengan tetap mengutamakan keselamatan kerja,” pungkas Budiono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *