BERITA UTAMAMIMIKA

Car Free Day di Timika Makin Ramai, Selain Pemeriksaan Gula Darah Gratis, Stand PMI Juga Layani Donor Darah

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
415
×

Car Free Day di Timika Makin Ramai, Selain Pemeriksaan Gula Darah Gratis, Stand PMI Juga Layani Donor Darah

Share this article
IMG 20240127 WA0075
Ketua PMI Mimika, Johannes Rettob saat memantau kegiatan donor darah gratis saat car free day, Sabtu (27/1).

Timika, fajarpapua.com – Warga Timika terlihat antusias mendatangi stand PMI guna melakukan pemeriksaan kesehatan maupun donor darah saat pagelaran Car Free Day (CFD) di Jalan Cenderawasih, Sabtu 27/1/2024.

Ketua PMI Kabupaten Mimika Johannes Rettob mengatakan , antusiasme warga mendonorkan darah hari ini diluar ekspektasinya. Sebab, hari ini merupakan hari pertama pembukaan pelayanan donor darah. Minggu sebelumnya ada stand PMI namun hanya melayani pemeriksaan gula darah maupun golongan darah.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

“Hari pertama kita hanya berharap ya mudah-mudahan ada 10 kantong (darah) yang kita dapat, tapi ternyata sudah banyak sekali yang mendaftar, kami hanya siapkan 2 field bed (tempat tidur untuk donor darah) kami berpikir ini pembukaan pertama jadi mungkin antusiasme masyarakat masih kurang tapi ternyata diluar ekspektasi, sampai saat ini sudah 21 orang yang mendaftar. Jadi ini luar biasa untuk hari pertama saja, kita berharap masyarakat juga terus semangat untuk mendonorkan darahnya,” katanya.

Menurut JR yang juga Wakil Bupati Mimika itu, Car Free Day yang ditetapkan setiap hari Sabtu, sudah menyiapkan fasilitas-fasilitas untuk memudahkan masyarakat Mimika antara lain pemeriksaan gula darah gratis dan donor darah.

“Dihari olahraga ini kita sudah menyiapkan fasilitas-fasilitas untuk memudahkan masyarakat antara lain sudah dua minggu ada pemeriksaan gula darah gratis, mulai hari ini kita bekerjasama dengan RSUD sebagai unit transfusi darah (UTD) untuk melakukan donor darah. Hasil donor darah ini akan diberikan kepada fasilitas kesehatan yang membutuhkan.

“Karena Palang Merah sendiri belum memiliki unit transfusi darah sehingga mungkin hari ini RSUD, Sabtu depan mungkin dari Caritas (RSMM) ataupun dari fasilitas kesehatan yang membutuhkan darah. Jadi tiap setiap Sabtu kita buka di sini untuk donor darah, yang mau memeriksa golongan darah juga kita siapkan pada hari ini di sini, kalau mau tahu golongan darah bisa datang kesini,” katanya.

Wabup John Rettob berpesan agar masyarakat Mimika tetap semangat mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan. “Kita berikan yang pertama untuk kemanusiaan tapi juga untuk kesehatan kita sendiri, dulu setiap 6 bulan, tapi sekarang bisa setiap 3 bulan, kalau bisa donor darah bagus untuk kesehatan kita sendiri,” tutupnya.

Sementara itu partisipasi warga Mimika yang mengikuti car free day pada Sabtu hari ini makin ramai. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *