BERITA UTAMAMIMIKA

Timika “Banjir” Ikan, Harga Murah-meriah Selama Sepekan di Eks Pasar Swadaya, Begini Pengakuan Pedagang

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
2155
×

Timika “Banjir” Ikan, Harga Murah-meriah Selama Sepekan di Eks Pasar Swadaya, Begini Pengakuan Pedagang

Share this article
IMG 20240209 WA0109
Pedagang saat menunggu pembeli di lapaknya di Pasar Eks Swadaya.

Ads

Timika, fajarpapua.com- Selama sepekan ini, awal Februari 2024, harga ikan di Pasar Eks Swadaya Timika dibandrol murah. Hal tersebut didasari persediaan ikan di Kota Timika melimpah.

“Saat ini banyak ikan, harga yang kami berlakukan berfariasi. Kalau ikan mumar dan lema Rp 25-30 ribu perkilo sedangkan pertumpuknya Rp 25 ribu. Sebelumnya, harga kedua jenis ikan ini kami jual dengan harga Rp35-40 ribu per kilo,” tutur Hardin, pedagang ikan di Eks Pasar Swadaya, Jumat (9/2).

Tidak hanya ikan mumar dan lema yang murah, kata Hardin, ikan cakalangan yang ukuran sedang biasa dijual Rp40 ribu dan besar bisa Rp50 ribu satu ekor sekarang yang ukuran sedang Rp30 ribu satu ekor.

“Yah ini sudah menjadi mekanisme pasar, kadang mahal kadang juga murah. Semua tergantung pasokan,” ucapnya Hardin.

Hardin mengatakan, saat ini hampir memasuki musim tangkapan ikan yang melimpah maka harga ikanpun turun.

“Walaupun harga ikan murah atau mahal pembeli setiap harinya selalu ada, tapi beda pengambilannya dari pembeli. Kalau harga murah ini kadang pembeli biasa beli lebih dari satu kilo, kebanyakan pembeli beli yang tumpukan-tumpukan,”ujarnya.

Kata dia, rata-rata pedagang menjual ikan sejenis dengan harga yang sama pula karena memang stok banyak di pengepul dan harus dijual murah.

“Ada juga ikan yang mahal yakni ikan merah mata besar kulitnya tebal, karena musiman baru ada ikan itu, harganya bisa Rp45-450 ribu per kilo. Harga udang juga mahal Rp60 ribu per kilo, karena stok terbatas,” ungkapnya. (moa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *