BERITA UTAMAMIMIKA

Hari Peduli Sampah Nasional, PTFI Bersama Pemda Mimika Gelar Aksi Bersih Kota Timika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
70
×

Hari Peduli Sampah Nasional, PTFI Bersama Pemda Mimika Gelar Aksi Bersih Kota Timika

Share this article
b07f7c71 5708 412b b582 efbb3414128a
Berfoto bersama usai kegiatan bersih kota dalam rangka menyambut hari Peduli Sampah, Sabtu (17/2).

Timika, fajarpapua.com – Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2024, PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Pemda Mimika dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar aksi bersih kota Timika, Sabtu (17/2).

Kegiatan melibatkan komunitas dan pelajar tersebut dipusatkan di Lapangan Eks Pasar Swadaya Timika dengan rute pembersihan sampah dari Jalan Bougenville, Jalan Bhayangkara, Koperapoka, Jalan Serui Mekar, Jalan Budi Utomo dan Lapangan Eks Pasar Swadaya Timika.

ads

Manager Environmental Central System & Project Enviromental Departemen PTFI, Pratita Puradyatmika mengatakan, Freeport selama ini terus berkomitmen untuk peduli terhadap lingkungan.

Melalui Departemen Envitomental lanjutnya selain melakukan pelestarian dan menjaga lingkungan, juga banyak kegiatan yang terkait perayaan hari lingkungan.

PTFI berkomitmen menjaga dan melestarikan lingkungan melalui program-program salah satunya program perayaan hari-hari lingkungan baik dilakukan sendiri maupun berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah,” katanya.

Menurutnya dalam hal pengelolaan sampah pihaknya selalu berkolaborasi dengan Pemda Mimika terutama dalam melakukan bersih-bersih lingkungan.

“Kita terus lakukan kolaborasi dengan Pemda Mimika dalam pengelolaan sampah. Kita melakukan program-program penyadar tahuan terkait bagiamana mengelola sampah dengan mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna seperti yang di lakukan di Kabupaten Banyumas,” tuturnya.

Selanjutnya Kepala DLH Mimika Frans Kambu mengatakan, hari peduli sampah dirayakan untuk mengenang peristiwa longsor TPA di Cimahi yang menewaskan ratusan orang.

Kegiatan ini urainya sebagai momentum baik dalam mengelolah sampah dan menyikapi sampah lebih baik agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

“Selamat hari peduli sampah semogga momentum ini bisa menjadikan kita peduli sampah sebagaimana tema perayaan tahun ini,”katanya.

Menurutnya perlu adanya langkah pengelolahan sampah terpadu dari hulu ke hilir sehingga aman bagi lingkungan.

Oleh sebab itu ia mengajak masyatakat untuk lebih lagi penanganan sampah plastik dengan memperkuat stakholder bagaimana mengelola sampah plastik yang produktif untuk mencegah persoalan pencemaran lingkungan.

“Semogga momen hari peduli sampah ini bisa meningkatkan kesadaran kita terhadap sampah plastik,”ujarnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *