BERITA UTAMAMIMIKA

Belum Terdokumentasi, Suku Amungme Miliki Kekayaan Sastra Lisan Lewat Nyanyian

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
35
×

Belum Terdokumentasi, Suku Amungme Miliki Kekayaan Sastra Lisan Lewat Nyanyian

Share this article
IMG 20240327 WA0002
John Magal

Timika, fajarpapua.com – Tokoh Masyarakat Adat Suku Amungme di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, John Mahal mengatakan suku Amungme memiliki kekayaan sastra lisan yang diturunkan oleh leluhur secara turun temurun. Suku Amungme mengandalkan seni suara dalam bertutur lewat nyanyian.

“Semua nyanyian yang dilantunkan oleh Suku Amungme lebih dominan mengagungkan keindahan alam ciptaan Tuhan,” katanya.

ads

Menurut John, Suku Amungme sangat suka bernyanyi dalam setiap syair lagu yang dilantunkan menggambarkan gunung-gunung yang tinggi, sungai yang mengalir dan segala keindahan serta keagungan alam.

“Sastra Amungme ini sangat kaya tetapi belum pernah terdokumentasikan, kami harap generasi Amungme masa depan dapat mengabadikan seni yang luar biasa ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan dalam nyanyian tradisional Suku Amungme diiringi alat musik tiup khas setempat yang disebut pikol, alat musik ini terbuat dari bambu.

“Jika di lapangan atau tempat luas Suku Amugme akan bernyanyi sambil menepuk anak panah dan busur sambil menghentakkan kaki, diiringi suara nyanyian bersama yang khas,” katanya lagi.

Dia menambahkan ada jenis tarian tradisional Suku Amungme yang tidak terlepas dari nyanyian yakni tari tup dan waisak.

“Nyanyian atau lagu untuk tari tup hanya khusus dilakukan di lapangan yang luas sambil berlarian membuat lingkaran, sedangkan nyanyian untuk tari Waisak khusus untuk didalam rumah,” ujarnya lagi.(An)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *