BERITA UTAMAMIMIKA

Pemda Mimika Diminta Tidak Pancing Konflik, Timsel Anggota DPRK Jalur Otsus Kewenangan Mutlak Dua Lembaga Adat Asli

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
272
×

Pemda Mimika Diminta Tidak Pancing Konflik, Timsel Anggota DPRK Jalur Otsus Kewenangan Mutlak Dua Lembaga Adat Asli

Share this article
IMG 20240326 WA0031
Ketua Lemasa, Karel Kum.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – Lembaga masyarakat adat asli Mimika yakni Lemasa dan Lemasko akan segera membentuk Tim Seleksi (Timsel) calon anggata Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) jalur Otonomi khusus (Otsus).

Pihak Lemasa Lemasko telah bersepakat untuk membentuk Timsel yang akan dilakukan secara ketat oleh para tokoh masyarakat dua suku tersebut yang punya hak mutlak merekomendasikan pencalonan anggota DPRK.

Ketua Lemasa Karel Kum Selasa (26/3) mengatakan, wacana pembentukan Timsel yang akan dilakukan oleh Kesbangpol sebaiknya menunggu hasil kerja dua Lembaga Adat.

“Kami perlu ingatkan selama ini kami berupaya menahan kekecewaan terhadap sikap Pemda Mimika yang terkesan adanya permainan terselubung. Kami minta Kesbangpol bekerja untuk kepentingan umum bukan kepentingan pribadi, masyarakat Amungme Kamoro sudah resah dan akan memicu konflik jika dibiarkan begini terus,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan undang-undang Otsus nomor 21 tahun 2001 dan perubahan undang-undang Otsus nomor 2 tahun 2021 pihak lembaga adat yang berhak membentuk Timsel.

“Di undang-undang Otsus itu menyatakan memberikan kewenangan kepada Partai Lokal atau Lembaga Adat yang merekomendasikan DPRK dan DPRP, berhubung partai lokal belum ada berati yang berwewenang Lembaga Adat,” tuturnya.

Ia mengungkapkan Lembaga Adat yang melakukan penyaringan dan seleksi Timsel maupun calon anggota DPRK, hasilnya direkomentasikan kepada Panitia Seleksi (Pansel) yang dibentuk melalui Peraturan gubernur (Pergub).

“Setelah kita bentuk Timsel kemudian Timsel melakukan penyaringan calon anggota DPRK hasilnya direkomendasikan kepada Pansel,” ungkapnya.(ron)

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *