KKB Masih Bercokol di Tembagapura, Kapolda Minta Warga 3 Kampung Bersabar

by -
Kapolda Papua, Irjen (Pol) Paulis Waterpauw

“Hasil monitoring kami mereka masih berada di sekitar situ, bahkan mereka membuat semacam markas sementara di situ,” ujarnya.

Irjen Waterpauw meminta warga tiga kampung Distrik Tembagapura yang sementara ini mengungsi ke Timika untuk berfikir kembali ke kampung mereka.

“Kami akan melakukan upaya-upaya untuk segera mengeluarkan kelompok bersenjata ini dari wilayah Tembagapura supaya masyarakat bisa kembali ke sana. Ingat bahwa kelompok ini punya tujuan berada di sana,” kata Irjen Waterpauw.

KKB yang kini masih bercokol di Distrik Tembagapura itu merupakan gabungan dari beberapa kelompok seperti Kelompok Yambi Kabupaten Puncak, Kelompok Intan Jaya, Kelompok Ilaga, Kelompok Tembagapura sendiri dan Kelompok Kali Kopi Timika.

Beberapa waktu lalu KKB telah mengeluarkan pernyataan terbuka untuk siap melakukan perang dengan aparat TNI dan Polri mulai dari kawasan pertambangan Grasberg Tembagapura hingga wilayah dataran rendah Mimika.

“Sasaran utama mereka yaitu PT Freeport Indonesia. Kita semua tahu itu secara terbuka mereka sudah nyatakan seperti itu,” kata Irjen Waterpauw. 
Pada 10 Maret lalu KKB memasuki pusat perkantoran PTFI di Kuala Kencana dan menembak mati seorang pekerja berkewarganegaraan Selandia Baru.(ant)

INFO IKLAN 0812-3406-8145