Jika Cuaca Masih Buruk, BPBD Drop Logistik Pakai Helikopter

by -
Banjir di Kilometer 12 Jalan Trans Nabire yang menghancurkan jalan dan rumah penduduk

Timika, fajarpapua.com

Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika berencana jika beberapa hari kedepan cuaca masih buruk, maka pihaknya akan menggunakan helikopter mengirim bantuan bagi warga korban bencana di Kampung Kamora Gunung, PT PAL, Kilometer 12 dan sekitarnya.

“Kalau besok pagi masih hujan berarti kami tidak bisa ke sana pakai kendaraan darat karena tidak memungkinkan.  Kami berencana pakai helikopter supaya bisa membagi bahan makanan bagi para korban,” kata Kepala Badan BPBD Kabupaten Mimika, Yosias Losu kepada Fajar Papua, Selasa (28/7) malam.

Menurut dia, akses masuk ke lokasi banjir masih susah, karena akibat banjir areal dampak sangat luas dan banjir masih terus terjadi. Losu mengakui dirinya bersama staf akan mendata berapa banyak korban dan tempat pengungsian sementara.

“ Kami turun untuk pastikan penanganan warga atau korban banjir ini bagaimana. BPBD akan berkoordinasi dengan instansi teknis supaya bisa bersinergi  mengurus warga. Sebagai contoh koordinasi dengan Dinas Sosial, Dinas Pemukiman dan Pertanahan, Pemerintahan Distrik, Dinas Kesehatan.  Sehingga OPD-OPD terkait dapat berperan aktif membantu warga yang tertimpa musibah ini,” jelas Losu.

Begitu pula dengan Iwaka, staf BPBD akan turun membawa logistik dan bahan makanan sekaligus berkoordinasi dengan Kadistrilk soal tempat pengungsian warga.

“Paling penting warga harus selamat dulu dari banjir, dan mereka ada di tempat yang aman,” bebernya. (mar)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250