BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Ironis, Warga Timika Bebas, Karyawan Tembagapura “Terpenjara”

pngtree vector tick icon png image 1025736
4
×

Ironis, Warga Timika Bebas, Karyawan Tembagapura “Terpenjara”

Share this article
PT Freeport
Para karyawan Freeport dan Privatisasi memblokade jalan. Foto: group FB IKKT

Namun bila dilihat dari aspek psikologis atau lebih dalam lagi yakni aspek kesehatan mental masyarakat, maka komunitas yang “terpenjara” selama 6 bulan ini berpotensi memicu tingkat depresi yang pada gilirannya membuat setiap orang yang mengalaminya menjadi frustrasi, apatis, malas tahu, susah diatur dan sebagainya.

Akbatnya, terjadi pembangkangan terhadap penegakan protokol kesehatan. Buntutnya terpapar COVID-19 dan menjadi sumber penularan baru, yang kemudian berdampak pada peningkatan angka penularan yang tidak terkontrol.

ads

Jika hal ini terjadi, maka sia-sia pula kebijakan penerapan PSDD di wilayah Tembagapura dan sekitarnya.

Polemik ini adalah fakta. Polemik yang perlu disikapi secara bersama-sama antara Pemda Mimika melalui Tim Covid-19 (Pokja & Gugus Tugas) dengan Manajemen PTFI.

Pada point ini sangat dibutuhkan kemampuan, adaptif leadership, sehingga dapat menghasilkan win-win solution.

Untuk mencapai solusi terbaik, perlu memperhatikan prinsip hulu hilir dalam penularan COVID-19. Artinya, jika wilayah Tembagapura dan sekitarnya diberlakukan PSDD maka wilayah Timika dan sekitarnya dilakukan pengawasan melekat dan penertiban pada semua warga yang melanggar protokol kesehatan.

Namun jika terjadi pembiaran dalam penegakan protokol kesehatan di Timika dan sekitarnya, maka percuma saja diterapkannya PSDD di Tembagapura dan sekitarnya.

Untuk itulah, hal ini harus menjadi atensi bagi para pihak yang bertugas dalam penanggulangan COVID-19 di Kabupaten Mimika.

Kembali pada polemik yang dialami komunitas pekerja PTFI di dataran tinggi, alternatif pemecahan masalah yang coba ditawarkan di sini adalah persyaratan untuk menggunakan bus SDO khusus bagi mereka yang memiliki keluarga batih di Timika, yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan KTP Mimika.

Menyangkut lamanya day off di Timika, sebaiknya dibicarakan dengan pihak manajemen dengan tetap mempertimbangkan operasional perusahaan dan juga aspek pencegahan penyakit COVID-19.

Tentunya dipertimbangkan juga aspek psikologis, dampak sosial yang berkaitan dengan keharmonisan rumah tangga, dan aspek-aspek lainnya termasuk sosial budaya.

Kita semua berharap agar ada solusi terbaik bagi semua pihak. Bukan susah di atas senang di sini, penjara di atas bebas di sini.

Semoga saja badai pandemik COVID-19 segera berlalu.(wilh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *