Dana Pembinaan Parpol Dialihkan untuk Covid 19, Coba Usul Lagi di APBD Perubahan

by -
Yan Slamet Purba
Yan Slamet Purba

Timika, fajarpapua com

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Yan Slamet Purba mengatakan dana pembinaan partai politik (Parpol) tahun 2020 sudah direfocusing untuk penanganan Covid-19. Kesbangpol mencoba mengusulkan kembali pada APBD Perubahan tahun 2020.

“Kami akan lihat lagi berapa anggaran yang sisa dan berapa yang akan diusulkan dalam usulan perubahan APBD Perubahan. Saya tidak bisa menjelaskan di sini berapa jumlahnya, nanti saya lihat dulu karena dana-dana yang ada di pos anggaran kami banyak yang direfocusing dan direalokasi untuk membuayai pandemi Covid 19 pada Maret lalu,” kata Purba di pendopo Rumah Negara, Rabu (19/8).

Anggaran yang direcofising dan direalokasi untuk Covid 19 termasuk dana pembinaan partai politik yang semestinya diterima Parpol yang mempunyai perwakilan kursi di DPRD.

“Bagi semua Parpol kami harap bersabar, kami upayakan dapat dianggarkan pada perubahan nanti. Sosialisasi dan pendampingan Parpol akan terus kami lakukan,” ujarnya.

Dia mengemukakan, Kesbangpol sebagai lembaga pemerintah tidak hanya bertanggungjawab terhadap pembinaan organisasi Parpol tapi juga organisasi-organisasi sosial dan lembaga resmi yang dibentuk sebagai pemersatu bangsa, pembinaan ideologi, mental dan watak masyarakat.(mar)