BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Hendak Numpang Pesawat, Miras di Timika “Pura-pura” Jadi Daging Babi

pngtree vector tick icon png image 1025736
4
×

Hendak Numpang Pesawat, Miras di Timika “Pura-pura” Jadi Daging Babi

Share this article
Miras di Bandara Timika
Barang bukti minuman keras yang berhasil diamankan.

Timika, fajarpapua.com

Petugas Terminal Bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan pada Sabtu pagi menyita 144 minuman beralkohol dari salah satu penumpang yang hendak membawanya ke Ilaga, ibu kota Kabupaten Puncak menggunakan armada pesawat terbang dari Timika.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kapolsek Kawasan Bandara Mozes Kilangin Timika Ipda Andi Batilu di Timika, Sabtu, mengatakan ratusan botol minuman beralkohol yang dikemas dalam botol berukuran 350 mili liter itu dibawa oleh seorang penumpang tujuan Ilaga.

Minuman memabukkan itu disembunyikan dalam dua karton besar, namun tertulis dalam manifesnya yaitu daging babi.

“Rencananya minuman itu akan diangkut dengan penerbangan Smart Air PK-SNP dari Bandara Timika menuju Bandara Ilaga pada Sabtu pagi. Petugas mencurigai isi dua karton besar itu. Setelah dibuka, ternyata berisi minuman berlabel semuanya,” jelas Andi.

Atas temuan itu, petugas Terminal Bandara Timika sisi selatan kemudian mengamankan pemilik barang bersama ratusan botol minuman beralkohol miliknya ke Kantor Polsek Kawasan Bandara Timika untuk dimintai keterangan.

Pihak kepolisian mencurigai barang tersebut bukan milik penumpang tersebut, namun hanya dititipkan oleh orang lain untuk dibawa ke Ilaga.

“Kami sedang memeriksa pemilik barang, tapi kami curiga barang itu hanya titipan yang hendak dibawa ke Ilaga. Yang jelas, kami masih terus menyelidiki kasus ini,” kata Andi.

Dengan adanya temuan itu, jajaran Polsek Kawasan Bandara Timika bekerja sama dengan aparat terkait lainnya baik di terminal penumpang sisi selatan yang dioperasikan Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) maupun terminal penumpang sisi utara yang dikelola oleh PT AVCO akan terus memperketat pegawasan barang-barang bawaan penumpang.

“Ini bukan kejadian pertama. Sebelumnya sudah banyak minuman beralkohol yang kami amankan. Minuman beralkohol itu dibawa oleh penumpang baik yang berangkat maupun yang baru tiba di Timika. Makanya semua barang bawaan penumpang terlebih dahulu harus diperiksa oleh petugas melalui peralatan X-Ray saat masuk di Terminal Bandara,” kata Andi.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *