KESEHATAN

Kulit Kentang Jangan Dibuang Karena Bermanfaat

cropped cnthijau.png
5
×

Kulit Kentang Jangan Dibuang Karena Bermanfaat

Share this article
kulit kentang

Jakarta, Fajarpapua.com – Kentang merupakan makanan yang sudah cukup populer di masyarakat Indonesia meskipun belum menjadi makanan pokok pengganti beras. Dengan mudah diperolehnya kentang di pasar sehingga banyak olahan masakan bisa dihasilkan dari kentang.
Kentang meskipun sudah dikenal sebagai salah satu dari makanan pokok pengganti nasi, namun tampaknya masyarakat Indonesia masih gemar mengkonsumsi kentang sebagai lauk pendampin nasi.
Seperti misalnya olahan kentang yang terdapat pada sop atau pada sambal goreng hati yang dicampur dengan kentang. Kebiasaan masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsinasi sebagai makanan pokok tampaknya memang tidak bisa di hilangkan meskipun di Papua sendiri lebih gemar dengan olahan sagu yang diberi nama Papeda.
Masyarakat Indonesia pada umumnya mengolah kentang dengan mengupas kulitnya kemudian baru diolah menjadi suatu menu pendamping nasi. Tapi justru dibagian yang sering kita buang ini malah terdapat benyak kandungan vitamin, serat serta mineral.
Apa saja sebenarnya manfaat yang bisa diperoleh dari kulit kentang ini ? berikut ini beberapa manfaat utama dari kulit kentang :
• Melancarkan pencernaan
• Memelihara kesehatan tulang
• Melancarkan peredaran darah
• Mencegah kanker
• Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
• Mengontrol gula darah
• Mengobati anemia
• Mencerahkan bitnik hitam pada kulit
Tapi tentu saja cara penyajiannya pun perlu diperhatikan agar manfaat dari kulit kentang dapat dirasakan secara maksimal.
Setelah kita mengupas kulit kentang sebaiknya dicuci terlebih dahulu hingga bersih tidak tampak ada kotoran atau tanah yang menempel.
Kemudian kita potong menjadi beberapa bagian yang berukuran lebih kecil agar lebih mudah untuk di konsumsi. Setelah kita potong, kita siapkan air untuk kita masukan air dan kita rebus kentang sekitar 3-7 menit.
Air rebusan ini sendiri bisa di minum untuk mengurangi gangguan rematik dan hipertensi.
Setelah direbut, kulit kentang sudah siap di konsumsi dengan bisa ditambahkan garam sedikit agar menambah rasa pada kentang.
Bagi yang ingin menggunakan untuk kulit atau wajah, kulit kentang juga bisa di gunakan sebagai masker atau lulur. Cara nya adalah dengan menggunakan kulit kentang yang sudah dihaluskan dengan pasta kemudian di campurkan dengan air atau susu selanjurnya tinggal di olehkan pada permukaan kulit termasuk wajah.
Bagi yang memiliki masalah ketombe pada rambutnya, kulit kentang juga bisa digunakan untuk penghilang ketombe pada rambut dengan cara direbut kemudian ditambahkan yodium dan lemon yang diperas kedalam air rebusan tersebut.
Dan bagi penderita batu ginjal ternyata air rebusan kulit kentang tersebut dapat juga dimanfaatkan untuk mengurangi dan mencegah batu ginjal pada tubuh. Dengan tentunya sedikit tambahan irisan daging kentang kedalam nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *