BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Penyebab Kematian Pastor Bert Mantan Ketua Yapeda Mimika, Diungkap Provincial OFM Papua, Almarhum Dinyatakan

pngtree vector tick icon png image 1025736
20
×

Penyebab Kematian Pastor Bert Mantan Ketua Yapeda Mimika, Diungkap Provincial OFM Papua, Almarhum Dinyatakan

Share this article
Pater Bert
Alm Pater Bert Hagendoorn OFM

Setelah beberapa waktu menjadi pastor paroki, dia menjadi ketua pengurus rumah sakit di Timika. Di pegunungan dekat Timika adalah salah satu tambang tembaga terbesar di dunia.

Hal ini menarik banyak orang dari dalam dan luar negeri, menjadikan Timika, kota kecil dengan segudang permasalahan seperti kota besar di Asia.

ads

Pater Bert ikut menggagas lahirnya Yayasan Caritas Timika (YCT).

Pada awal berdirinya di tahun 1998 operasional, YCT dipimpin Pater Bert yang bertanggung jawab selaku Ketua Badan Pengurus yang aktif menangani langsung YCT.

Namun mulai 2005, dia fokus pada perjuangan melawan AIDS selama belasan tahun terakhir. Karier dimulai dengan informasi dan pelatihan bagi warga. Bukan tugas yang mudah di negara yang tingkat pendidikan dan pembangunannya masih rendah itu.

Untuk melakukan pekerjaannya, dia membangun pusat pelatihan dan pendidikan namanya Yapeda.

Namun, tahun 2019 lalu dia kembali ke Belanda. Tidak ada kabar setelahnya. Barulah pada Rabu kemarin, pastor Bert menghembuskan nafas terakhir.

Selamat jalan pejuang kemanusiaan, sampaikan salam rindu kami untuk Bapa Uskup tercinta, Mgr Philips Saklil Pr dan rekan-rekan imam yang sudah ada di surga. (ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *