BERITA UTAMAMIMIKA

Kasus Menurun, Seluruh Puskesmas di Mimika Layani Pengobatan HIV/AIDS

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
82
×

Kasus Menurun, Seluruh Puskesmas di Mimika Layani Pengobatan HIV/AIDS

Share this article
IMG 20231203 WA0005
Ilustrasi

Timika, fajarpapua.com- Jumlah kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) di Kabupaten Mimika saat ini cenderung mengalami penurunan.

Meski demikian, Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menegaskan18 Puskesmas saat ini diminta melayani pengobatan HIV/AIDS.

ads

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra mengatakan berdasarkan data angka HIV/AIDS di Mimika tercatat sebanyak 7.000 kasus yang ditemukan selama kurun waktu 27 tahun terakhir.

“Data yang kami peroleh dari Dinkes Provinsi Papua, Kabupaten Mimika mengalami penurunan jumlah kasus HIV dan AIDS ke urutan enam dari sebanyak sembilan kabupaten di Provinsi Papua yang jumlah kasus HIV/AIDS tinggi,” katanya.

Menurut Reynold, pihaknya terus berupaya melakukan langkah pengendalian jumlah kasus HIV dan AIDS dengan melayani pengobatan melalui semua puskesmas di Kabupaten Mimika.

“Dengan kemudahan pelayanan kesehatan diharapkan pasien dapat terlayani dengan baik guna meningkatkan harapan hidup yang lebih lama,” ujarnya.

Dia menjelaskan dari hasil evaluasi selama kurun waktu 27 tahun ditemukan bahwa kasus HIV dan AIDS lebih banyak disebabkan hubungan seksual.

“Selain hubungan seksual HIV dan AIDS dapat disebabkan oleh paparan pada anak dan ibu, untuk jumlah ini tidak menonjol hanya 1 persen saja,” katanya lagi.

Dia menambahkan untuk triple eliminasi terus dilakukan melalui pola pendekatan layanan pemeriksaan virologi di semua puskesmas yang ada pada daerah ini dan ini merupakan program Kementerian Kesehatan RI.

“Hingga saat ini ada 800 pasien yang sedang menjalani pengobatan dengan rutin minum obat Antiretroviral (ARV),” ujarnya lagi. (an)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *