Kebut Saat Cuaca Hujan, Venue Panjat Tebing di Mimika Rampung Maret, Test Ivent April

by -
Pon papua
Venue panjat tebing

Timika, fajarpapua.com – Pengerjaan venue panjat tebing PON XX Papua terus dikebut. Hingga akhir Januari 2021, pemasangan bolders sudah selesai. Tinggal pemasangan poins dan akesesoris lain, serta tangga belakang.

Bangunan sebelah kiri dan kanan yakni lead dan speed sedang dikerjakan pihak ketiga. Meski cuaca hujan, dalam dua bulan kedepan pekerjaan diperkirakan sudah tuntas.

Pengurus Cabor Panjat Tebing Timika, Muh. Bassar yang ditemui wartawan di Venue Panjat Tebing, di SP5 Timika belum lama ini mengatakan, dalam kunjungan TD pada akhir tahun lalu merekomendasikan jika pekerjaan fisik dan fasilitasnya rampung pada Februari atau Maret 2021 maka test ivent akan dilaksanakan pada April mendatang.

“Kami dari PB tinggal menyesuaikan jadwal pekerjaan dari kontraktor dan konsultan. Jika pihak ketiga ini kejar waktu Maret selesai maka jadwal test ivent dipercepat seperti yang disampaikan technical deligate Panjat Tebing dari Jakarta. Kami dari federasi akan mengikuti perkembangan detik per detik progress pekerjaannya kalau sudah selesai maka kami akan jadwalkan Tc atau test ivent,” kata Bassar.

Terkait pekerjaan itu, untuk wall kontraktor pengembang berjanji akan selesai pada Februari.

“Memang ada kontrak tambahan sesuai dengan rekomendasi TD itu yang kedua. Tapi secara keseluruhan untuk kontrak pertama dan kedua kami menargetkan pekerjaan selesai semua bulan Maret,” terangnya.

Dengan demikian pihaknya mengejar anjuran TD bahwa test ivent pada April mendatang.

BACA JUGA:  Pertandingan Perdana PON XX Cabor Softball Resmi Dimulai, Lampung Taklukan Sultra 11-3

“Soal kendala teknis tidak ada tapi kendala utama di Timika cuaca saja, dimana selalu hujan memperlambat pekerjaan. Sore-sore sudah mulai hujan berarti pekerja harus istirahat lebih cepat, padahal siang dan sore hari justru pekerjaan lebih maju. Sebagai pihak ketiga tetap mengejar waktu sesuai yang direkomendasikan TD dan Maret sudah rampung semua jadwal April tidak terganggu,” kata kontraktor dari Proyek Manager PT HK, Taufik, ST.

Sementara Konsultan Manajemen Konstruksi PT Rapid Karya Utama, Yadi, mengaminkan pekerjaan sudah maksimal dan ditargetkan berakhir Maret.

Kendala pekerjaan kata dia adalah faktor cuaca seperti hujan yang membuat tersendat-sendat.

Meski demikian pekerjaan berjalan seperti biasa. “Tapi akhir-akhir ini biasanya sore hari baru mulai hujan, jadi pagi dan siang hari para pekerja harus kejar betul agar pekerjaan bisa capai kemajuan.
Kemudian kemarin sempat lambat karena pengiriman material-material khusus dari pulau jawa sehingga pekerjaan mengalami kemunduran,” tukasnya.

Dengan postur bangunan seperti ini, pihaknya yakin Maret pekerjaan fisik selesai, dan April sudah bisa ada test ivent.

Salah satu material yang harus dikirim dari luar adalah wortlembing dan atap membran karena di Papua tidak ada.

Selain itu pandemi covid 19 sehingga ada kebijakan lock down yang membuat pekerjaan sedikit tersendat.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.