BERITA UTAMAMIMIKA

Angin Kencang 3 Hari ke Depan, BMKG Timika Ingatkan Nelayan Gelombang Tinggi 2,5 Meter

pngtree vector tick icon png image 1025736
9
×

Angin Kencang 3 Hari ke Depan, BMKG Timika Ingatkan Nelayan Gelombang Tinggi 2,5 Meter

Share this article
Kepala Stasiun Meterologi Bandara Mozes Kilangin Timika, Okto Firdaus Fajri Rianto, ST.

Timika, fajarpapua.com – Selama tiga hari kedepan, Timika diperkirakan masih dilanda angin kencang. Kondisi ini mengakibatkan gelombang laut Amamapare – Agats mencapai ketinggian 2,5 meter.

Kepala BMKG Stasiun Meterologi Bandara Mozes Kilangin Timika Okto Firdaus Fajri Rianto,S.T dalam rilis yang diterima Fajar Papua, Rabu (3/2) mengemukakan keberadaan Siklon Tropis “LUCAS” di Perairan Australia dengan tekanan udara 987hPa dan angin maksimum mencapai 50 knots menyebabkan medan angin secara regional menunjukan pola Fetch (angin dengan arah konstan dalam area yang luas), sehingga potensi peningkatan kecepatan angin semakin tinggi.

ads

Dikatakan, berdasarkan data pengamatan sinoptik di Stasiun Meteorologi Mozes Kilangin Timika tercatat kecepatan angin maksimum mencapai 24 knots (48 kmoam) sejak tiga hari terakhir.

“Peningkatan kecepatan angin memicu terjadinya peningkatan tinggi gelombang dalam skala lokal. Diprakirakan tinggi gelombang di Perairan Agats-Amamapere mencapai 2.5 meter dan di Perairan Arafuru Bagian timur mencapai 4 meter,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *