Seleksi Siswa Baru Lewat Jalur Prestasi, SMA Negeri 1 Mimika “Buka Peluang Jalur Reguler” Agar Bisa Lulus

by -
SMA Negeri 1
Kepsek SMA Negeri 1, Drs Matheus Mamo, M.Pd

Timika, fajarpapua.com – Sebagai sekolah negeri yang sudah makan garam dengan sejumlah prestasi sekaligus menjadi barometer pendidikan di Kabupaten Mimika, SMA Negeri 1 tetap fokus meningkatkan mutu pendidikan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1, Drs Matheus Mamo M.Pd kepada fajarpapua.com di ruang kerjanya, Senin (15/3) mengemukakan demi mempertahankan kualitas pendidikan, pihaknya tetap memberlakukan aturan penerimaan siswa baru melalui jalur prestasi.

“Panitia dari Wakasek Kesiswaan sudah melakukan persiapan, persyaratan-persyaratan sudah diketik untuk dibagi ke seluruh SMP yang ada di Kabupaten Mimika baik SMP Negeri maupun swasta,” ungkapnya.

Dikemukakan, dirinya sudah mengingatkan guru bimbingan konseling bersama wali kelas agar siswa-siswa baru yang memenuhi syarat diikutkan dalam seleksi siswa berprestasi unggulan.

“Lalu berdasarkan data-data yang disampaikan oleh guru wali kelas bersama BP kemudian diinput di data lalu dikembalikan ke panitia agar diseleksi mana yang terbaik,” paparnya.

Menurut dia, setelah penerimaan siswa baru melalui metode siswa unggulan disiapkan, tahap kedua dibuat lembaran soal.

“Soal itu dibuat oleh guru yang berpengalaman dalam penyusunan materi soal. Setelah soal selesai kemudian tes diadakan di SMA Negeri 1 Mimika dan itu hanya berlangsung satu hari. Kami tidak tes online di rumah karena dikhawatirkan ada intervensi dari orang tua murid mengerjakan soal-soal itu, seperti ada yang punya keluarga guru atau pegawai. Untuk menghindari itu tes dilakukan di SMA Negeri 1,” ujarnya.

INFO IKLAN 0812-3406-8145