BERITA UTAMAMIMIKApinpost

Bocor !!! Tipikor Polres Mimika Usut Renovasi Gedung DPRD yang Habiskan Dana Rp 6 Miliar

pngtree vector tick icon png image 1025736
3
×

Bocor !!! Tipikor Polres Mimika Usut Renovasi Gedung DPRD yang Habiskan Dana Rp 6 Miliar

Share this article
Atap Bocor di kantor DPRD Mimika
Atap Bocor di kantor DPRD Mimika

Timika, fajarpapua.com – Tanpa menunggu waktu lama, Tim Unit Tipikor Satuan Reserse dan Kriminal Polres Mimika kini tengah mengusut dugaan korupsi renovasi Gedung DPRD Mimika tahun anggaran 2019 dan 2020 yang menelan anggaran lebih dari Rp 6 miliar.

“Kami masih selidik. Sekarang lagi kumpulkan data, ambil keterangan dari pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan tentu butuh waktu,” ungkap Kasat Reskrim Polres Mimika AKP Hermanto ketika dikonfirmasi wartawan Kamis (18/3).

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Ketika ditanya siapa saja yang sudah dimintai keterangan Hermanto enggan membeberkan secara rinci.

“Baru indikasi, soal benar atau tidak ada penyimpangan atau penyelewengan, tentu membutuhkan alat-alat bukti,” tuturnya.

Sementara Ananias Faot selaku Sekretaris DPRD Mimika beberapa waktu lalu menyebut renovasi Gedung DPRD Mimika yang berlokasi di Jalan Cenderawasih Timika itu, dianggarkan selama dua tahun berturut-turut.

Pada 2019 dianggarkan dana sebesar lebih dari Rp 5 miliar, dan pada 2020 kembali dianggarkan dana lebih dari Rp 1 miliar.

Namun, kini rumah para wakil rakyat di Kabupaten Mimika yang berbentuk rumah honai itu sudah mulai bocor.

“Setelah selesai renovasi tahun 2019 dimana atap Gedung DPRD Mimika dibuka terjadi kebocoran dimana-mana, sehingga ruang kerja staf seperti di ruang sidang utama, ruang kerja kabag dan staf basah semua,” kata Ananias.

Hingga kini, katanya, kebocoran di Gedung DPRD Mimika masih saja terjadi, sehingga peralatan seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya harus ditutup dengan koran, agar tidak terkena rembesan air hujan yang menetes dari atap berbentuk kubah.

Ananias yang baru menjabat Sekwan Mimika pada Juli 2020 itu, mempertanyakan kualitas pekerjaan renovasi Gedung DPRD Mimika itu.

Pasalnya, saluran pembuangan air yang berada di bagian teras sisi barat lantai tiga gedung itu tertutup sisa material dan lumut, sehingga air hujan tidak masuk ke pembuangan.

Berbagai persoalan itu, katanya, sudah pernah disampaikan kepada pihak kontraktor pelaksana, namun hingga kini belum juga dilakukan perbaikan menyeluruh.

Ananias mengatakan dana tambahan untuk penyelesaian pekerjaan renovasi Gedung DPRD Mimika senilai Rp1 miliar yang dianggarkan dalam APBD-Perubahan 2020 tidak dicairkan hingga penutupan tahun anggaran.

Ketua Komisi C DPRD Mimika Elminus B Mom meminta Sekwan segera memanggil kontraktor untuk meminta penjelasan terkait kebocoran atap Gedung DPRD Mimika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *