Penopang Ekonomi Warga, Untung Sangaji Kembangkan Home Industri ‘Bandeng Presto’

by -
Lokasi Tambak Ikan Bandeng Presto di Kelapa Lima, Merauke
Lokasi Tambak Ikan Bandeng Presto di Kelapa Lima, Merauke

Oleh: Hendrik Resi

Bandeng Presto adalah salah satu makanan khas yang awal mulanya berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Kini, olahan Bandeng Presto sudah terkenal di berbagai daerah di Indonesia bahkan ke mancanegara. Kuliner ikan  jenis ini, memiliki tulang  lunak dan daging yang tidak amis menjadi salah satu daya tarik kudapan bercita rasa gurih dan asin. Masyarakat banyak pun mulai melirik budidaya perikanan Bandeng Presto untuk diolah menjadi panganan lezat.

Selain sudah terkenal di seantero jagat Nusantara, budidaya Bandeng Presto pun mulai merambah ke Kota Rusa, Merauke, sebuah negeri di ufuk Timur perbatasan NKRI-Papua Nugini.

IMG 20210319 WA0024
Kolam bandeng presto

Ya, di Kelurahan Kelapa Lima, sebuah area di Distrik Merauke, yang didominasi oleh penduduk asli Papua. Di tempat inilah dikembangkan usaha perikanan tambak, Home Industri Bandeng Presto.

Home industri yang dirintis oleh seorang pria hebat. Dialah Untung Sangaji, yang kesehariannya menjabat sebagai Kapolres Merauke.

Berkaca dari keberhasilannya mengembangkan usaha tambak ikan “Bandeng Presto” di Seunuddon, Aceh Utara sewaktu menjabat kapolres di sana, usaha yang sama pula dikembangkan di Kelapa Lima Merauke di atas lahan seluas 3.000 meter persegi.
“Saat ini pengerjaan kolam ikan di wilayah Kelurahan Kelapa Lima seluas 3.000 meter persegi.

Sebanyak 6 kolam dengan ukuran 25 x 50 meter, telah dikerjakan 80 persen. Tinggal sekat pembatas saja. Di area ini akan memperkerjakan pemuda-pemudi setempat, kurang lebih 100 orang,” ujar Untung Sangaji dalam sebuah rilis yang diterima fajarpapua.com.
Usaha perikanan tambak, home industri, Bandeng Presto rintisan Untung Sangaji ini memang sangat menjanjikan.

Usaha ini bakal membantu, mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat di wilayah jika ditekuni lebih jauh.  Apalagi di tengah pandemi Covid-19, tentu masyarakat sangat terbantu dalam mengentaskan kesulitan ekonomi.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250