Sejumlah Titik Jalan Bermasalah Pembebasan Lahan, Dinas PU Mimika Tetap Kebut Proyek Jelang PON

by -
Inocentius Yoga Pribadi
Inocentius Yoga Pribadi

Timika, fajarpapua.com – Proyek pengaspalan maupun pembuatan drainase di beberapa titik jalan dalam Kota Timika tidak tuntas lantaran terkendala pembebasan lahan.

Seperti proyek ruas jalan menuju Mimika Sport Complex, setelah jembatan Selamat Datang, di Jalan Baru, serta beberapa titik lainnya.

Namun demikian Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Mimika terus menggenjot pekerjaan ruas-ruas jalan menjelang PON XX Papua.

Sekretaris Dinas PU Mimika Inocentius Yoga Pribadi di Timika, Senin, mengatakan pekerjaan ruas jalan menuju arena PON diharapkan bisa dituntaskan sebelum pelaksanaan PON XX Papua yang direncanakan berlangsung pada 2 Oktober hingga 4 November 2021.

“Target kami jalan-jalan yang merupakan akses utama ke venue PON XX itu memang diprioritaskan untuk diselesaikan tahun ini sebelum pelaksanaan PON,” kata Yoga.

Menurut dia, ada banyak hambatan yang ditemui untuk menyelesaikan pekerjaan sejumlah ruas jalan tersebut, diantaranya masalah pembebasan lahan, ketersediaan anggaran yang tidak memadai akibat terkena dampak refocusing atau pengalihan anggaran pada 2020.

Beberapa waktu lalu Kepala Dinas PU Mimika Robert D Mayaut telah melakukan pertemuan dengan sejumlah kontraktor yang menangani pekerjaan ruas-ruas jalan utama menuju akses PON XX di Timika agar mereka bisa memaksimalkan pekerjaan.

“Kendala lain yang kami hadapi di sekitaran Mimika Sport Complex (MSC) berkaitan dengan pembebasan lahan sehingga beberapa ruas jalan tidak bisa dikerjakan. Bapak bupati sudah mendorong Dinas Pertanahan untuk segera melakukan pembayaran hak-hak pemilik lahan agar ruas-ruas jalan itu bisa segera dikerjakan. Kami dari Dinas PU prinsipnya siap untuk mengerjakan apabila kendala-kendala itu teratasi,” jelasnya.

Adapun ruas jalan utama seperti Jalan Cenderawasih dari simpang SP2-SP5 menuju Check Point Kuala Kencana sementara ini sedang dilakukan pelebaran, pembuatan median, pengaspalan ulang dan pemasangan box calver di kiri-kanan jalan tersebut.

Proyek tersebut dianggarkan dalam sistem tahun jamak selama tiga tahun sejak 2020 hingga 2022.
Beberapa ruas jalan lain di Kota Timika yang menjadi prioritas Dinas PU Mimika untuk diselesaikan pelebaran dan pengaspalannya yaitu Jalan C Heatubun, Kelurahan Kwamki menuju Bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250