Dirjen Otda Bantah Kunjungan ke Timika Terkait Pemekaran Papua Tengah, Akmal: Mendagri Pekan Depan ke Timika

by -
Provinsi Papua Tengah
Plang nama Kantor Pusat Pemerintahan Gubernur Provinsi Papua Tengah.

Timika, fajarpapua.com – Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Akmal Malik membantah jika kunjungan ke Timika terkait dengan rencana Pemekaran Provinsi Papua Tengah.

Kepada wartawan di Rimba Papua Hotel, Minggu (28/3) malam, Akmal mengungkapkan dirinya ke Timika tidak ada kaitannya dengan pemekaran maupun evaluasi otonomi khusus.

“Tidak terkait pemekaran ataupun masalah otonomi khusus, saya ditugaskan oleh Menteri Dalam Negeri untuk melihat serta memastikan kesiapan Kabupaten Mimika sebagai salahsatu tuan rumah penyelenggaraan PON XX Papua Pada Oktober 2021 mendatang” ujarnya.

BACA JUGA:  Harapan Terbentuknya Papua Tengah Terbuka Lebar, Pemerintah Mekarkan Pulau Papua Jadi 6 Provinsi, Tito Akui Masih Alot

Akmal mengakui, bahwa keberadaan dirinya di Timika tersebut juga sebagai persiapan menyambut rencana kunjungan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian ke Kabupaten Mimika yang juga akan meninjau venue PON XX Papua yang ada di daerah ini.

Ditegaskan pula, sebagaimana Instruksi Presiden kesuksesan penyelenggaraan PON XX Papua ini menjadi tanggungjawab semua pihak termasuk Kemendagri.

“Kami menyarankan kepada Bupati Mimika untuk mengundang semua pihak terkait untuk memperjelas tugas dan tanggungjawab terkait penyelenggaraan PON Papua,” ujar Akmal.