Perayaan Jumat Agung Sejumlah Gereja di Timika Aman, TNI Polri Diterjunkan Hingga 4 April

by -
Pasukan
Pasukan TNI yang mengamankan gereja St Stefanus Sempan foto bersama Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob.

Timika, fajarpapua.com – Perayaan Jumat Agung mulai jalan salib pada pagi hari dan peringatan kematian Yesus pada pukul 15.00 WIT di sejumlah gereja di Kota Timika berlangsung khidmat.

Sesuai pantauan fajarpapua.com, Jumat (2/4), baik di Gereja Katedral, Gereja SP 2, dan sejumlah gereja lain situasi terlihat aman. Personil TNI Polri dibantu Satpol PP memeriksa umat yang hendak masuk gereja.

20210402 175709 1
Pasukan TNI Polri dan Satpol PP yang mengamankan gereja Katolik St Stefanus Sempan

Dandim 1710 Mimika, Letkol (Inf) Yoga Cahya Prasetya mengemukakan, pelaksanaan pengamanan dibagi di beberapa gereja besar namun tetap ada pengamanan yang bersifat mobile untuk memastikan pelaksanaan ibadah di gereja lain tetap aman.

Dandim Yoga yang terjun langsung dalam pengamanan menjelaskan kegiatan pengamanan dilaksanakan hingga tanggal 4 April 2021 untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristiani yang melaksanakan ibadah dan mengantisipasi adanya gangguan yang bisa merusak suasana ibadah yang khidmat.

Pengamanan itu sendiri dilakukan untuk mengantisipasi perkembangan situasi beberapa waktu lalu dimana terjadi aksi terorisme di wilayah Makassar yang tentunya bisa membahayakan keamanan masyarakat.

“Kegiatan pengamanan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Kemudian setiap tas bawaan pengunjung diperiksa satu persatu untuk mengantisipasi adanya barang terlarang,” ungkap Dandim Yoga.(boy)