Ramadhan 1442 H Jatuh pada Tanggal 13 April 2021, MUI : Menunggu Keputusan Pemerintah

by -
Kegiatan Tarhib ramadhan oleh MUI Mimika
Kegiatan Tarhib ramadhan oleh MUI Mimika

Timika, fajarpapua.com
Ibadah puasa Bulan Ramadan 1442 H di Kabupaten Mimika diperkirakan akan jatuh pada tanggal 13 April 2021.

Namun demikian, ketetapan tanggal dimulainya awal Puasa Ramadhan tetap menunggu keputusan Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia.

Hal itu dikemukakan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, Ustadz Muhammad Amin AR SAg seusai kegiatan Tarhib Ramadhan yang digelar MUI Kabupaten Mimika dan Ormas Islam di Masjid Arrahman, Jalan Kartini Timika.

Dikatakan meski ada keyakinan bahwa awal Puasa Ramadhan akan dilaksanakan pada Selasa mendatang, namun untuk kepastiannya masih menunggu keputusan dari Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama melalui sidang Isbat.

“Sidang Isbat sendiri Insyaallah akan digelar pada 12 April 2021 mendatang,” kata Ustad Amin.

Untuk itu pihaknya lanjut Ustad Amin, berharap umat Islam dan kaum muslim di Timika tetap bersabar menunggu keputusan tersebut.

Sementara terkait ibadah selama Bulan Ramadhan Ustadz Amin menyatakan, seluruh pelaksanaan  “Aamaliyah’ termasuk Sholat Tarawih akan tetap dilaksanakan.

Sesuai kesepakatan, kegiatan ibadah termasuk Sholat Tarawih dilakukan dengan mematuhiv protokol kesehatan yakni seluruh jamaah wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Untuk melihat kesiapan masjid dalam menggelar Ibadah selama Bulan Ramadhan lanjutnya, setiap pengurus masjid telah mengujicoba pelaksanaan Prokes saat pelaksanaan Sholat Jumat.

“Seluruh berjalan dengan baik, dan Insyaallah seluruh masjid siap menggelar Sholat Tarawih. Tahun vakum maka Insyaallah tahun ini kami menggelar Amaliah Ramadhan yang diawali dengan Tarhib Ramadhan yang artinya menyambut dengan suka cita menyambut Ramadhan,” terangnya. (mas)