BERITA UTAMANASIONAL

Umat Muslim Timika Gelar Ziarah Kubur Jelang Ramadhan, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan

cropped cnthijau.png
8
×

Umat Muslim Timika Gelar Ziarah Kubur Jelang Ramadhan, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan

Share this article
Ziarah makam memasuki bulan ramadhan di timika
Ziarah makam memasuki bulan ramadhan di timika

Jika pada ziarah kubur tak ada hikmah tersebut maka bukan ziarah yang disyariatkan.

ads

Ketika berziarah hendaknya mengucapkan kata-kata yang baik:

  1. Menyapa dan Mendoakan Ahli Kubur
    Dalam riwayat Aisyah Diriwayatkan dari Aisyah bahwa ia berkata: 

“Bagaimana yang harus aku ucapkan wahai Rasulullah, yaitu dalam ziarah kubur?” Beliau menjawab: “Ucapkanlah, salam sejahtera pada penduduk makam ini dari kaum beriman dan muslimin. Semoga Allah mengasihi orang-orang yang terdahulu dari kalian dan kami serta orang-orang yang terkemudian. Sesungguhnya kaminsya Allah akan menyusul bersama kalian.” (HR Muslim)

Pada hadist di atas setidaknya memberikan penjelasan kepada kita untuk memberikan salam kepada ahli kubur dan kebolehan mendoakannya. Ziarah Kubur dengan niat mendoakan mayit yang ada di dalamnya sejatinya diperbolehkan dalam agama kita sebagaiamana kebolehan mendoakan kebaikan kepada orang lain semasa hidupnya.

  1. Menyiram Air, Air dan Menabur Kerikil
    Diriwayatkan Dari Ja’far dari ayahnya berkata “Sesungguhnya Nabi Muhammad menyiram air di atas kubur Ibrahim, anaknya dan meletakkan kerikil di atasnya.” (HR. Baihaqi)

Melalui hadist di atas, dipahami bahwa Rasulullah menyiramkan air pada kuburan Ibrahim anak beliau. Hal ini kemudian yang diikuti oleh sejumlah orang karena para ulama juga memperbolehkannya, namun tak sedikit yang mengharamkannya di zaman sekarang karena dianggap bahwa perbuatan tersebut tak punya landasan atau bahkan hanya dikhususkan kebolehannya kepada baginda Nabi. 

Dari Ibnu Abbas ia berkata; Suatu ketika Nabi melewati sebuah kebun di Makkah dan Madinah lalu Nabi mendengar suara dua orang yang sedang disiksa di dalam kuburnya. Nabi bersabda kepada para sahabat “Kedua orang (yang ada dalam kubur ini) sedang disiksa. Yang satu disiksa karena tidak memakai penutup ketika kencing sedang yang lainnya lagi karena sering mengadu domba”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *