Lekagak Telenggen, Sosok Komandan TPNPB-OPM yang Brutal dan Digadang-gadang Setara Almarhum Kelly Kwalik

by -
Pimpinan KKB, Lekagak Telenggen yang Dikenal Brutal.
Pimpinan KKB, Lekagak Telenggen yang Dikenal Brutal.

Redaksional

FAKSI militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) yaitu Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau TPNPB memang secara umum diketahui belum terorganisir dengan baik.

Bahkan juga tidak jarang, karena tidak adanya kepemimpinan yang sahih yang bisa mempersatukan, antar kelompok yang ada di organisasi juga terkadang terlibat bentrok.

Meski demikian, TPNPB-OPM sebagai organisasi yang berjuang dengan cara militer juga memiliki sejumlah pimpinan militer atau Komandan yang namanya melegenda.

Bahkan banyak diantaranya dipercayai oleh masyarakat terutama para pengikutnya, memiliki ilmu atau kekuatan supranatural sehingga sangat sulit bagi aparat keamanan untuk menangkapnya.

Sebut saja almarhum Kelly Kwalik yang makamnya berada di area Lingkaran Timika Indah. Pemimpin tertinggi kelompok separatis TPNPB-OPM Wilayah Timika, yang tewas pada Rabu, 16 Desember 2009 setelah ditembak tim Detasemen Khusus 88 Mabes Polri dan personel Polda Papua.

Kelly Kwalik yang ditembak di sekitar Gorong-Gorong, Timika, dikenal sebagai salahsatu pemimpin faksi militer OPM yang beroperasi di Kodap III Timika terkenal sangat sulit disentuh oleh aparat TNI-Polri yang memburunya.

“Jenderal” Kelly Kwalik menjadi legenda di kelompok TPNPB-OPM karena telah dicari-cari oleh aparat TNI dan Polri selama puluhan tahun berkaitan dengan aktivitas separatisme.