Pemda Asmat Tekan Penularan Covid-19 dengan Keterbatasan Sarana dan Prasarana

by -
Bupati Asmat saat diwawancara
Bupati Asmat saat diwawancara

Merauke, fajarpapua.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Asmat bersama seluruh stakeholder terus berupaya menekan laju penularan Covid-19, meski dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana penunjang. Upaya tersebut cukup berhasil. Terbukti, sejak mewabahnya Covid-19 di Indonesia, angka penularannya di kabupaten ini tidak begitu signifikan dibandingkan daerah-daerah lain di Papua dan di Indonesia pada umumnya.

“Sejak adanya pandemi Covid ini, angka kematian di Asmat baru empat orang. Penanganannya kita lakukan dengan segala keterbatasan. Kita tetap ambil langkah-langkah pencegahan. Selain pemberian vaksin, pemeriksaan rapid tes dan swab antigen tetap kita upayakan untuk mencegah dan meminimalisir angka penularan,” ungkap Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos usai kegiatan Rakor Tim Pemekaran PPS di Kantor Bupati Merauke, Senin (26/4).

Bupati Elisa Kambu menyebut dua langkah pencegahan yang dilakukan pemerintah daerah itu, yakni pemberian vaksin dan tes rapid/swab antigen menjadi cara terbaik untuk memutuskan mata rantai penyebaran di Asmat.